MEMBANGKITKAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID 19

  • Winda Suci Lestari Nasution Universitas Esa Unggul
  • Patriot Nusa Politeknik Perdana Mandiri Purwakarta
  • syahrizal Dwi Putra Universitas Esa Unggul

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia. UMKM juga merupakan salah satu penyokong perekonomian di Indonesia khususnya pada masyarakat golongan bawah dan menengah. UMKM memiliki peran strategis dalam upaya pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran, karena UMKM dapat menyerap tenaga kerja sehingga pengangguran akibat tidak terserapnya angkatan kerja dalam dunia kerja menjadi berkurang. Pandemi Covid-19 yang terjadi melanda seluruh dunia, secara global, termasuk Indonesia, tentu saja berdampak terhadap berbagai sektor terutama di sektor ekonomi. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah. Semua sendi kehidupan terpengaruhi dan dipaksa untuk mengubah pola hidup, pola kerja, pola berpikir dan pola-pola lain yang dijalankan manusia. Dampak negatif akibat pandemi COVID-19 ini telah menghambat pertumbuhan UMKM.  Indonesia yang didominasi oleh UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional terdampak oleh adanya pandemi COVID-19, bukan hanya pada aspek produksi dan pendapatan saja namun juga pada jumlah tenaga kerja yang harus dikurangi dan lain-lain. UMKM kurang memiliki ketahanan dan fleksibilitas dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini dikarenakan beberapa hal seperti tingkat digitalisasi yang masih rendah, kesulitan dalam mengakses teknologi dan kurangnya pemahaman tentang strategi bertahan dalam bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
[2] Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis.
[3] Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik.
[4] Pudyastiwi, Elisabeth S.H., M. ., & Djatmiko,Agoes S.H., M. . (2020). USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS DI ASEAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha.
[5] Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand.
Published
2021-07-24
How to Cite
LESTARI NASUTION, Winda Suci; NUSA, Patriot; PUTRA, syahrizal Dwi. MEMBANGKITKAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID 19. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-18, july 2021. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/494>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v1i1.494.

Most read articles by the same author(s)