Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Guru Sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMPN 39 Jakarta

  • Adrian Adrian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta
  • Oktavia Marpaung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta
  • Tomi Loveri Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
  • Tomi Defisa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Jayakarta, Jakarta
  • Anton Zulkarnain Sianipar Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Jayakarta, Jakarta
  • Kuncoro Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menekankan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, penguatan karakter, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. Guru sebagai fasilitator pembelajaran memerlukan kompetensi dalam penggunaan teknologi informasi agar dapat mengimplementasikan IKM secara optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh STIE dan STMIK Jayakarta beserta SMPN 39 Jakarta ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran berbasis IKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi terhadap penggunaan berbagai aplikasi pembelajaran digital. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemanfaatan teknologi oleh guru dalam menyusun materi, memberikan asesmen, serta meningkatkan interaksi dengan siswa. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi informasi berkontribusi pada efektivitas penerapan IKM dan meningkatkan kualitas pendidikan.


Kata kunci: Teknologi Informasi, Guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Digital


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Adrian, A. 2019. Kesiapan sumber daya manusia indonesia dalam era industri 4.0. Jurnal Manajemen & Bisnis Jayakarta, 1(1), 33-38.
[2] Kemendikbudristek. 2022. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf
[3] Prensky, M. 2010. Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
[4] Roblyer, M. D., & Doering, A. H. 2014. Integrating Educational Technology into Teaching. New York: Pearson.
[5] Selwyn, N. 2016. Education and Technology: Key Issues and Debates. London: Bloomsbury Publishing.
[6] Moodle, 2024. Moodle Learning Management System. https://docs.moodle.org/405/en/Main_page
[7] Google, 2023. Google Sites: A Digital Publishing Tool. https://support.google.com
Published
2025-07-20
How to Cite
ADRIAN, Adrian et al. Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Guru Sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMPN 39 Jakarta. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 6-11, july 2025. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/1833>. Date accessed: 30 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v5i1.1833.

Most read articles by the same author(s)