Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Guru Sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMPN 39 Jakarta
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menekankan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, penguatan karakter, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. Guru sebagai fasilitator pembelajaran memerlukan kompetensi dalam penggunaan teknologi informasi agar dapat mengimplementasikan IKM secara optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh STIE dan STMIK Jayakarta beserta SMPN 39 Jakarta ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran berbasis IKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi terhadap penggunaan berbagai aplikasi pembelajaran digital. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemanfaatan teknologi oleh guru dalam menyusun materi, memberikan asesmen, serta meningkatkan interaksi dengan siswa. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi informasi berkontribusi pada efektivitas penerapan IKM dan meningkatkan kualitas pendidikan.
Kata kunci: Teknologi Informasi, Guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Digital
Downloads
References
[2] Kemendikbudristek. 2022. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf
[3] Prensky, M. 2010. Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
[4] Roblyer, M. D., & Doering, A. H. 2014. Integrating Educational Technology into Teaching. New York: Pearson.
[5] Selwyn, N. 2016. Education and Technology: Key Issues and Debates. London: Bloomsbury Publishing.
[6] Moodle, 2024. Moodle Learning Management System. https://docs.moodle.org/405/en/Main_page
[7] Google, 2023. Google Sites: A Digital Publishing Tool. https://support.google.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.