MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DENGAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE AI UNTUK PENDIDIKAN MASA DEPAN
Abstract
Pelatihan "Meningkatkan Kompetensi Guru SD dengan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Pendidikan Masa Depan" bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi AI dalam pembelajaran. Melalui pelatihan ini, guru diberikan pengetahuan dasar mengenai konsep AI, serta penerapannya dalam pembelajaran melalui aplikasi-aplikasi berbasis AI seperti Google Lens, Grammarly, Kahoot, dan Quillionz. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta berhasil memahami dan mengimplementasikan teknologi AI dalam pengajaran, meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan waktu adaptasi. Kolaborasi antara pihak sekolah dan pemerintah daerah sangat penting untuk memastikan akses yang lebih baik terhadap teknologi dan koneksi internet yang dibutuhkan. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan mempersiapkan guru untuk menghadapi pendidikan masa depan yang lebih digital dan berbasis teknologi.
Downloads
References
[2] S. & et al. Khoirunnisa, “Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Kalangan Konsumen Milenial. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 15-25.,” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 18, no. 1, pp. 15-25., 2022.
[3] Y. S. Rahayuningsih and T. Muhtar, “Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6960–6966, 2022.
[4] S. Wati and N. Nurhasannah, “Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital,” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, vol. 10, no. 2, pp. 149–155, 2024.
[5] B. Sitompul, “Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, pp. 13953–13960, Jul. 2022, doi: 10.31004/jptam.v6i3.4823.
[6] D. R. Rochmawati, I. Arya, and A. Zakariyya, “Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan,” Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 124–134, 2023.
[7] J. Patty and J. Lekatompessy, “PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN BAGI PARA GURU SD NEGERI TIAKUR,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Pemberdayaan Inovasi dan Perubahan, vol. 4, pp. 18–24, May 2024, doi: 10.59818/jpm.v4i3.726.
[8] M. Murniyetti, R. Rahman, and I. Muliati, “Respon Guru terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kota Padang),” HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, vol. 4, no. 2, 2023.
[9] E. Yulianti, I. Pratiwi, Suryati, I. Saluza, D. Marcelina, and I. Permatasari, “Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang,” Jurnal Abdimas Mandiri, vol. 8, pp. 111–121, Aug. 2024, doi: 10.36982/jam.v8i2.4271.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.