PENGENALAN KONSEP TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI PENDEKATAN BERPIKIR KOMPUTASI DI RUMAH SINGGAH BUMI DAMAI
Abstract
Transformasi digital, yang mengacu pada integrasi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, menuntut generasi muda untuk tidak hanya menjadi pengguna pasif, tetapi juga memahami dan mampu menciptakan solusi berbasis teknologi. Di era serba digital, kemampuan berpikir komputasional (computational thinking) menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi muda. Siswa pada tingkat SD dan SMP adalah kelompok usia yang sangat ideal untuk mulai mengenal dan mengembangkan kemampuan berpikir komputasional. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam pengenalan konsep berpikir komputasional di sekolah-sekolah merupakan tantangan yang signifikan di era digital saat ini. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membangun kemampuan berpikir kritis dan problem solving pada siswa sejak usia dini di Rumah Singgah “Bumi Damai”. Menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan masyarakat sebagai objek penelitiannya, secara aktif melibatkan semua pihak dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif ke arah kondisi hidup yang lebih baik. Dalam kegiatan ini menggunakan permainan puzzle dengan memecahkan (dekomposisi) gambar yang telah tersusun menjadi potongan kecil-kecil yang sederhana serta disusun kembali menjadi gambar yang utuh kembali. Pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan kesadaran dan keterampilan anak-anak dalam memahami transformasi digital dengan pendekatan berpikir komputasi.
Downloads
References
Cahdriyana, R. A., & Nurnugroho, B. A. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 14(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).9-14
Fitriani, F., & Yahfizham, Y. (2024). Studi literatur: Penggunaan Software Matematika Scratch terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa tingkat Sekolah Dasar: Array. Pendekar, 2(3), 153–161.
Irvani, A. I., Rochintaniawati, D., Riandi, R., & Sinaga, P. (2024). Analyzing the Integration of Computational Thinking in Science and Physics Education within the Indonesian Curriculum. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 7(1), 182–194. https://doi.org/10.37891/kpej.v7i1.620
Kamil, M. R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. 12(2), 259–270.
Lutfina, E., Inayati, N., & Saraswati, G. W. (2022). Analisis Perbandingan Kinerja Metode Rekursif dan Metode Iteratif dalam Algoritma Linear Search. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 11(2), 143–150. https://doi.org/10.34010/komputika.v11i2.5493
Oktaviani, Y., Syarifuddin, & Hartati, M. (2024). Penggunaan Media Puzzle untuk Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Peserta Didik Kelas 4 di SDN 208 Palembang. Cendekiawan, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v6i1.444
Putra, S. D., Aryani, D., & Syofyan, H. (2022). Penerapan Konsep Computational Thinking dengan Block-based Programming bagi Guru SMPIT Insan Rabbani. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 2(2), 101. https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i2.981
Putri, R. A., Bahri, A. N., Purwaningtyas, F., Mayasari, U., & Syafina, L. (2023). Pelatihan Komputer Dasar dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat (J-IbM), 2(3), 134–141. https://doi.org/10.55537/jibm.v2i3.625
Revika, S. P., & Yahfizham, Y. (2023). Studi Literatur Analisis Algoritma Pemrograman Pengaruh Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 17–29. https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.606
Wicaksono, Y., Dzakiyullah, R. N. R., Rochmadi, T., & Muzaki, M. I. A. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pembuatan NIB pada Pelaku UMKM Pasar Kebon Empring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi (Adipati), 2(2), 59–65. https://doi.org/10.31284/j.adipati.2023.v2i2.4658
Wulandari, W., Haftani, D. A., Ridwan, T., & Putri, D. I. H. (2021). Pemanfaatan Platform Scratch dalam Pembelajaran Koding di Sekolah Dasar untuk mengasah kemampuan Computational Thinking pada Siswa. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 495–504.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.