STRATEGI PEMASARAN DIGITAL KELOMPOK TANI LELE DI BP. SUMBERJAYA KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI

  • Syafrianto Syafrianto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nur Lutfiyana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dian Ambar Wasesha Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rohani Lestari Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Di era modern ini, Digital marketing berkembang pesat dengan fitur-fitur menarik yang ada disetiap aplikasinya. Hal ini seimbang dengan berkembangnya smartphone yang kian menjangkau semua kalangan, dari remaja  hingga orang tua. Akan tetapi ditengah berkembangnya smartphone, tidak diimbangi dengan pemanfaatan yang baik. hal ini terjadi pada UMKM BP. Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Mayoritas masyarakat Kelompok tani lele memiliki smartphone yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk penjualan jika mereka bisa memanfaatkannya. Penghasilan sehari-hari menggantungkan pada penjualan ikan lele yang mereka olah sendiri. Tempat berjualan dilakukan di pasar tradisional dengan harga bersaing dengan satu sama lainnya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan pelatihan secara langsung untuk memanfaatkan digital marketing sebagai media untuk memasarkan produk ikan asin. Hasil dari pengabdian ini masyarakat dapat memahami pentingnya digital marketing dalam pemasaran produk dan masyarakat bisa memanfaatkan digitalbmarketing sebagai media pemasaran produk mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya R. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI). 2023; 2(10): p. 96-102.
S. andi arfian SAyJs. Meningkatkan Kwalitas 4G Untuk Minat Belajar dan Peningkatan Ekonomi Desa Selama Covid-19 diDusun Tinggarjaya, Sukaharja-Sukamakmu. J. Pengabdi. PADA Masy. 2020; 5.
Susanti E. Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala J. Pengabdi. Masy. Pembang. Sos. Desa dan Masy. 2020; 1(2): p. 36.
D A. Pemilihan Bibit Lele Unggul Dengan Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Teknologi dan Open Source. 2019;: p. vol. 2 (1), pp. 15-23.
Arnita D. Strategi Meningkatkan Produktifitas Dan Pemasaran Ikan Lele Hasil Budidaya Bioflock. Jurnal Karinov. 2018.
Faridah DSY. Budidaya Ikan Lele Dengan Metode Bioflok Pada Peternak Ikan Lele Konvesional, Cadadde. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019;: p. vol. 1 (2).
Smith KT. Digital Marketing Strategies that Millennials Find Appealing, Motivating, or Just Annoying. Journal of Strategic Marketing. 2011.
Saputra GWKSAIGA. Pengaruh Digital Marketing Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen. 2020;: p. vol. 9 (7).
Hudaidah SWQHMWY. "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan Lele Teknologi Bioflok di Kelurahan Pinang Jaya, Bandar Lampung, Lampung, Sakai Sembayan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2017.
Kleindl BdBJ. Ecommerce Marketing. South Western. United States of America. 2005.
Published
2024-12-21
How to Cite
SYAFRIANTO, Syafrianto et al. STRATEGI PEMASARAN DIGITAL KELOMPOK TANI LELE DI BP. SUMBERJAYA KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 14-18, dec. 2024. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/1664>. Date accessed: 14 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v4i2.1664.