IMPLEMENTASI PUNISHMENT DAN REWARD PADA RUMAH BACA LENTENG AGUNG

  • Nurul Huda Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat
  • Dina Kusuma Astuti Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat

Abstract

Kesulitan belajar yang dihadapi siswa bisa menyebabkan siswa kehilangan motivasi dalam proses belajar, merasa bahwa pelajaran tersebut rumit dan tak memiliki nilai yang signifikan. Kekurangan dukungan dan panduan dari orang tua saat belajar di rumah juga dapat mengurangi semangat belajar anak-anak. Situasi ini pun berdampak pada murid-murid di Yayasan Bina Hafidz Cendikia Indonesia di kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, terutama sejak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada berbagai level di wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak Maret 2022. Untuk mengatasi dampak tersebut, diperlukan pendampingan konseling dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) dari Universitas Gunadarma memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak secara langsung oleh pembatasan PSBB dan PPKM di bidang pendidikan, terutama kepada peserta didik dalam kelompok belajar Yayasan Bina Hafidz Cendikia Indonesia di kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Bantuan ini dilakukan melalui sesi konseling berjudul "Reward and Punishment" yang diadakan secara rutin dan terjadwal. Kegiatan Abdimas Universitas Gunadarma ini adalah ekspresi kepedulian dan empati terhadap kelangsungan pendidikan, terutama dalam konteks pembelajaran pasca pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernata, Yusvidha. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 781-790.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahayu, Puji. (2017). Pengaruh Strategi Pemberian Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 1 Prambon pada Materi Garis dan Sudut. Simki-Techsain, 01(02), 1-8.
Sabartiningsih, Mila, Jajang Aisyul Muzakki, Durtam. (2018). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia. Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1), 60- 77.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Fakto Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2023-12-08
How to Cite
HUDA, Nurul; ASTUTI, Dina Kusuma. IMPLEMENTASI PUNISHMENT DAN REWARD PADA RUMAH BACA LENTENG AGUNG. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 60-69, dec. 2023. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/1330>. Date accessed: 15 july 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v3i2.1330.