PKM optimasi pemanfaatan canva untuk meningkatkan kualitas presentasi kreatif CV. Jiel Anugrah Adhitama

  • Saputra Dwi Nurcahya Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Abstract

Pelatihan Optimasi Pemanfaatan Canva untuk Meningkatkan Kualitas Presentasi Kreatif di CV. Jiel Anugrah Adhitama bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain presentasi menggunakan Canva, khususnya dalam pembuatan materi yang menarik dan profesional. Pelatihan ini difokuskan pada pemanfaatan fitur-fitur canggih Canva, seperti animasi, Brand Kit, dan desain interaktif, untuk meningkatkan kualitas visual presentasi yang mendukung kegiatan bisnis dan edukasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas peserta dalam membuat presentasi yang lebih konsisten dan menarik. Peserta juga melaporkan peningkatan efisiensi dalam pembuatan presentasi, dengan pengurangan waktu produksi hingga 40%. Namun, beberapa tantangan terkait akses perangkat dan koneksi internet masih perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi Canva. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pekerjaan dan mendukung citra profesional CV. Jiel Anugrah Adhitama di mata klien dan mitra bisnis.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Saputra Dwi Nurcahya, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

References

[1] T. Prasetyo, Z. M.S, and F. Fahrurrozi, “Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 6, pp. 3617–3628, Jul. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.669.
[2] R. Harahap, N. Q. Ahmad, and R. Fiteri, “Peningkatan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) berbasis Project Based Learning (PjBL),” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 3, pp. 3479–3488, Apr. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2621.
[3] M. Maryunani and N. Hasan, “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI APLIKASI CANVA SELAMA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19,” Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 91–96, Jan. 2022, doi: 10.33366/ilg.v4i2.2888.
[4] Elfira Makmur, D. A. Sari, Hilda Ashari, Muh. Iswal Burhan, and Akhyar Muchtar, “Pelatihan Desain Kreatif Canva dalam Sosial Media di Lingkup Kelurahan Se-Kecamatan Pangkajene,” TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 40–44, Jun. 2023, doi: 10.36526/tekiba.v3i1.2796.
[5] Yulfita Aini and Sulastri, “DAMPAK GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA,” Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 599–609, Apr. 2022, doi: 10.30606/hirarki.v4i1.1478.
Published
2022-12-29
How to Cite
NURCAHYA, Saputra Dwi. PKM optimasi pemanfaatan canva untuk meningkatkan kualitas presentasi kreatif CV. Jiel Anugrah Adhitama. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 115-120, dec. 2022. ISSN 2798-8295. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/1081>. Date accessed: 27 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v2i2.1081.