RANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN TERNAK SAPI PERAH “LACTOFARM” CV. RGSB BERKAH JAYA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Abstract
CV. RGSB Berkah Jaya merupakan peternakan sapi perah yang berlokasi di Cikajang, Garut, dan memiliki kebutuhan dalam pengelolaan informasi ternak, pencatatan data, serta pengawasan kondisi ternak secara digital. Selama ini, pencatatan dan manajemen ternak masih dilakukan secara manual sehingga berisiko terjadi kehilangan data, keterlambatan informasi, serta kurang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi manajemen peternakan sapi perah berbasis mobile yang diberi nama LactoFarm dengan pendekatan Design Thinking, guna mendukung efisiensi kerja dan kualitas pengelolaan ternak. Metodologi Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, dengan melibatkan pengguna dalam setiap tahapannya. Perancangan UI/UX dilakukan menggunakan tools Figma versi 124.4.7. Pengujian dilakukan terhadap 30 responden menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat kenyamanan dan kegunaan antarmuka. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototype aplikasi LactoFarm memperoleh skor SUS sebesar 93,125, yang tergolong dalam kategori “Acceptable”, mendapat nilai “A” pada grade scale, serta predikat “Best Imaginable” dari adjective ratings. Hal ini membuktikan bahwa desain UI/UX aplikasi LactoFarm telah diterima dengan sangat baik oleh pengguna dan dapat menunjang kegiatan manajemen peternakan secara optimal
Downloads
References
[2] A. A. Septiani Sari, AnissaTun Sa’adah, “Perencanaan Strategi Digital Pencari Bahan Bakar Desa Sei Beras Sekata Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Penelit. Rumpun Ilmu Tek., vol. 3, no. 1, hal. 84–97, 2024.
[3] A. Mirza, M. D. Lusita, dan D. Diana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi E-Commerce Tech.An Gadget Berbasis Mobile Menggunakan Metode Desig Thinking,” JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 7, no. 1, hal. 58–73, 2023.
[4] R. F. Danang Haryuda Putra, Marsani Asfi, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” JITTER (Jurnal Ilm. Teknol. Inf. Ter., vol. 8, no. 1, hal. 111–117, 2021.
[5] A. S. Arianda Budiman Muhammad Nur Rahman, Ignasius Riandro Raul, Rifqi Taufiqurrohman, “Efektivitas Selenium dalam Pengujian Fungsionalitas Aplikasi Kasir Berbasis Web dengan Metode Blackbox,” JRIIN J. Ris. Inform. dan Inov., vol. 01, no. 01, hal. 252–261, 2023.
[6] R. R. Ubed Muhtaroom, “IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU KELAS XI DI SMAM 6 GRESIK,” Res. Dev. J. Educ., vol. 9, no. 1, hal. 313–320, 2023.
[7] M. Saefudin, Sudjiran, dan M. A. Mawarti, “IMPROVING USER EXPERIENCE THROUGH GREENPEACE WEBSITE UI/UX REDESIGN WITH THINKING DESIGN METHOD,” JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 7, no. 2, hal. 419–435, 2023.
[8] W. R. S. Adzhal Arwani Mahfudh, “Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 4, no. 2, hal. 255–262, 2022.
[9] A. Nurhasanah dan A. Voutama, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: FAKULTAS ILMU KOMPUTER),” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 12, no. 3S1, hal. 3697–3705, 2024.
[10] S. L. Rahayu dan F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, hal. 341, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853694.
[11] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, dan dan D. H. Bangkalang, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI KTM MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, hal. 111–125, 2022.
[12] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, dan A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” J. Digit, vol. 10, no. 2, hal. 208–219, 2020.
[13] M. S. Hartawan, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM,” URNAL ELEKTRO Inform. SWADHARMA, vol. 02, no. 01, hal. 43–47, 2022.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





















.png)
.png)
