Optimalisasi Kemitraan Strategis dalam Pengembangan Layanan Instalasi Jaringan On-Demand Berbasis Aplikasi
Abstract
Transformasi digital telah mempengaruhi berbagai sektor jasa, termasuk bidang instalasi jaringan yang sebelumnya masih didominasi oleh proses manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform layanan instalasi jaringan berbasis web yang memudahkan pengguna dalam memesan layanan secara Online serta mendukung teknisi dalam mempromosikan keahlian dan mengelola pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan tahapan perencanaan kebutuhan, perancangan cepat, pembuatan prototipe, serta pengujian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada calon pengguna dan teknisi, serta studi pustaka dari literatur terkait layanan digital dan model bisnis startup. Sistem yang dikembangkan memiliki fitur utama seperti pencarian teknisi berbasis lokasi, manajemen profil teknisi, penjadwalan layanan, sistem ulasan dan rating, serta dashboard admin terpusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi pemesanan layanan hingga 40%, memperluas jangkauan promosi teknisi, dan meningkatkan transparansi layanan berbasis data. Platform ini diharapkan dapat mendukung digitalisasi sektor jasa teknis, menciptakan ekosistem layanan yang profesional, serta menjadi acuan bagi pengembangan layanan sejenis di masa mendatang.
Downloads
References
[2] N. Edwin Kiky Aprianto, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis,” Int. J. Adm. Bus. Organ. |, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2021.
[3] B. Putri, Sadepa Sinulingga, M. Irwan, and P. Nasution, “Analisis Tantangan Dan Peluang Dalam Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Diera Digital: Perspektif Masa Depan,” vol. 2, no. 12, pp. 25–35, 2024.
[4] H. Hanifah, C. Hayati, and A. Sadiqin, “Mapping out model bisnis sharing economy pada unicorn asal Indonesia,” J. Manag. Digit. Bus., vol. 4, no. 2, pp. 216–233, 2024.
[5] I. P. Sari, I. H. Batubara, M. Basri, and A. H. Hazidar, “Implementasi Internet of Things Berbasis Website dalam Pemesanan Jasa Rumah Service Teknisi Komputer dan Jaringan Komputer,” Blend Sains J. Tek., vol. 1, no. 2, pp. 157–163, 2022.
[6] G. U. Pratama, H. Ashidiqi, A. Safaatulloh, and R. Arief, “Sistem Informasi Pemesanan Jasa Layanan Internet Berbasis Web Pada Pt. Firman Hotspot Mediatama Menggunakan Framework,” vol. 4, no. 1, pp. 202–213, 2024.
[7] A. R. Dwiputra, D. A. Maulana, and Z. Nurzamilah, “Peran fiber optik dalam revolusi teknologi jaringan telekomunikasi,” vol. 9, no. 1, pp. 1657–1663, 2025.
[8] D. Andwiyan, “Perancangan Sistem Informasi Layanan Pelanggan pada PT. Media Sharing Center Berbasis Laman Web,” Incomtech, vol. 12, no. 2, pp. 9–17, 2023.
[9] E. Wasito et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (Gis) Perangkat Terminal Fiber Optik Dengan Simulasi Gangguan Berbasis Web,” Maret, vol. 19, no. 1, pp. 16–26, 2023.
[10] M. Khairul and T. Anggarini, “Analisis Strategi Mempertahankan Loyalitas Dan Semangat Kerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Wifi Indihome Medan),” Media Bina Ilm., vol. 17, no. 1978, pp. 1605–1612, 2023.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





















.png)
.png)
