PENERAPAN HADOOP DALAM ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA DI PLATFROM ECCOMERCE
Application Of Hadoop In Sentiment Analysis Of User Reviews On The Eccomerce Platfrom
Abstract
Studi ini menyelidiki penggunaan teknologi Hadoop dan algoritma Naive Bayes untuk menganalisis sentimen ulasan pengguna di platform e-commerce. Data yang digunakan berasal dari 391.500 ulasan dari aplikasi Shopee yang dikumpulkan melalui scraping Google Play Store. Implementasi model klasifikasi sentimen, pengumpulan data melalui web scraping, dan pra-pemrosesan data menggunakan PySpark adalah metodologi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Naive Bayes dapat mengklasifikasikan perasaan pengguna dengan akurasi 87%. Menurut analisis word cloud, elemen seperti gratis ongkir dan kemudahan penggunaan menjadi pendorong utama sentimen positif. Sementara itu, sentimen negatif didominasi oleh masalah teknis aplikasi dan layanan pelanggan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Hadoop dan Naive Bayes dalam analisis data ulasan berskala besar saat mengembangkan platform e-commerce adalah efektif.
Downloads
References
[2] Y. L. R. Rehatalanit, “Peran E-commerce dalam Pengembangan Bisnis,” 2020.
[3] N. K. Aula and S. Suharto, “Pengaruh e-commerce terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia,” Jurnal Kebijakan Ekonomi dan Keuangan, vol. 1, no. 1, pp. 39–48, Jun. 2021, doi: 10.20885/jkek.vol1.iss1.art4.
[4] Rahel Lina Simanjuntak, Theresia Romauli Siagian, Vina Anggriani, and Arnita Arnita, “Analisis Sentimen Ulasan Pada Aplikasi E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 23–39, Nov. 2023, doi: 10.55606/teknik.v3i3.2411.
[5] A. Muzaki et al., “Analisis Sentimen pada Ulasan Produk di E-Commerce dengan Metode Naive Bayes,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), vol. 05, no. 04, 2024.
[6] A. H. Hasugian, M. Fakhriza, and D. Zukhoiriyah, “Analisis Sentimen pada Review Pengguna E-Commerce Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Januari, no. 1, pp. 98–107, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
[7] N. Arif Maulana and Z. Fatah, “Penerapan Metode Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Produk di Platfrom E-Commerce,” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, vol. 2, pp. 433–439, 2024, doi: 10.59435/gjmi.v2i11.1103.
[8] S. Yang, “PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISME.”
[9] A. H. Hasugian, M. Fakhriza, and D. Zukhoiriyah, “Volume 6 ; Nomor 1,” Januari, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
[10] N. M. Y. D. A. Ni Made Yulia Dewati Ayu and Jakaria, “Penngaruh E-commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia,” Jurnal Ekonomi Trisakti, vol. 3, no. 2, pp. 2891–2900, Aug. 2023, doi: 10.25105/jet.v3i2.17499.
[11] A. Firmansyah, “Kajian Kendala Implementasi E-commerce di Indonesia,” 2020.
[12] P. D. Atika, P. D. Atika, and S. Suhadi, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes Classifier untuk Analisis Sentimen Customer pada Toko Online,” Faktor Exacta, vol. 12, no. 4, p. 303, Feb. 2020, doi: 10.30998/faktorexacta.v12i4.5224.
[13] M. Pradana, “Klasifikasi Bisnis E-commerce di Indonesia,” 163 MODUS, vol. 27, no. 2, p. 2, 2020.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.