Implementation Of Learning Quality In Kindergarten Kujang Fertilizer Using C45 And Sas Algorithm Methods (Structural Analytic And Synthetic)

  • Rosmita Rosmita Universitas Bina Sarana Informatika
  • Adika May Sari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Desy Suryani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Rafik Universitas Bina Sarana Informatika
  • Desri Yani Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990, TK menyediakan program pendidikan untuk anak usia dini dengan tujuan mengembangkan berbagai aspek tumbuh kembang. Observasi di TK Pupuk Kujang menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam membaca, yang berpengaruh pada perilaku mereka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode algoritma dan SAS (Structural Analytical and Synthetic) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode ini dimulai dengan memperkenalkan kalimat utuh, kemudian menganalisis dan menyintesis komponen kalimat untuk membantu siswa memahami dan meningkatkan keterampilan membaca secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosmita Rosmita, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi  Manajemen

Adika May Sari, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi

Desy Suryani, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Manajemen

Ahmad Rafik, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Manajemen

Desri Yani, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi

References

[1]. Azwanti, N., & Putria, N. E. (2024). Analisis Kepuasan Customer pada Sdtechnology Computer dengan Algoritma Decision Tree. Jurnal Desain Dan Analisis Teknologi, 3(2), 137–148. https://doi.org/10.58520/jddat.v3i2.62

[2] Giri Prawiyogi, A., Latifatu Sa’diah, T., & Nadzilah, H. (2024). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Menulis Permuklaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Buana Pengabdian, 6(1), 180–188.

[3] Irianto, Afrisawati, & Sudarmin. (2021). Penerarapan Metode Saw Untuk Pemilihan Komputer Multimedia Di Stmik Royal Kisaran Menggunakan Metode Saw. Journal of Science and Social Research, 4(1), 11–19.

[4] Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 1, 1–9.

[5] Kadar, H., & Budiyantara, A. (2024). Penentuan Kelayakan Karyawan Baru Menggunakan Data Mining Dengan Algoritma Decision Tree ( C4 . 5 ). 2(6).

[6] Mahesa Putra, S., Rendi, M., & Rusda, D. (2024). Penerapan Algoritma Menggunakan Rapidminer Untuk Kategorisasi Kompotensi Dasar Cpns. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5), 3323–3328. https://doi.org/10.36040/jati.v7i5.7293

[7] Rafi Nahjan, M., Nono Heryana, & Apriade Voutama. (2023). Implementasi Rapidminer Dengan Metode Clustering K-Means Untuk Analisa Penjualan Pada Toko Oj Cell. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 101–104. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6094

[8] Tekege, M. (2023). Sistem Informasi Sekolah Taman Kanak-Kanak (Tk) Yppgi Marantha Nabire Kabupaten Nabire. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(3), 297–297. https://doi.org/10.58344/locus.v2i3.916

[9] Wahono, S., & Ali, H. (2021). Peranan Data Warehouse, Software Dan Brainware Terhadap Pengambilan Keputusan (Literature Review Executive Support Sistem for Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 225–239. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i2.781

[10] Winanjaya, R. (2021). Implementasi Metode Decision Tree Pada Tingkat Prestasi Belajar Siswa di SMK Swasta Anak Bangsa. Media Online), 1(3), 108–114.
Published
2024-12-30
How to Cite
ROSMITA, Rosmita et al. Implementation Of Learning Quality In Kindergarten Kujang Fertilizer Using C45 And Sas Algorithm Methods (Structural Analytic And Synthetic). Journal of Information System, Informatics and Computing, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 421-433, dec. 2024. ISSN 2597-3673. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/1695>. Date accessed: 14 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisicom.v8i2.1695.