Perancangan ulang user interface dan user experience website Gunadarma Library deposit system menggunakan Metode design thinking

  • Masimbangan Sabarina Harlina Universitas Gunadarma, Depok
  • Rizki Ariyani Universitas Gunadarma, Depok
  • Masimbangan Sabarina Herawati Universitas Gunadarma, Depok
  • Raula Saffanah Putri Universitas Gunadarma, Depok

Abstract

Universitas Gunadarma memiliki website perpustakaan, Gunadarma Library Deposit System, yang menjadi pusat informasi bagi mahasiswa, dosen, dan staf. Namun, pengalaman pengguna website Gunadarma Library Deposit System masih belum optimal. Faktor-faktor seperti tata letak rumit, navigasi tidak intuitif, desain usang, dan kurangnya bantuan online menghambat kepuasan pengguna dalam mencari informasi. Tujuan utama redesain ini adalah meningkatkan pengalaman pengguna. Perubahan signifikan dilakukan dengan merombak total navigasi agar lebih intuitif, memudahkan pengguna menemukan informasi dengan cepat dan efisien. Menu yang kompleks disederhanakan agar lebih mudah diakses dan dipahami. Fitur live chat ditambahkan untuk memberikan dukungan real-time kepada pengguna yang mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan. Desain website dimodernisasi untuk tampilan yang lebih bersih dan estetis, meningkatkan keterbacaan dan kenyamanan visual. Setelah redesain, kuesioner dan uji coba dilakukan pada 19 responden untuk mengukur keberhasilan perubahan. Hasil pengujian System Usability Scale (SUS) menunjukkan nilai usability 77.50, grade B, acceptable, dan adjective good. Pengguna merasa lebih puas dengan desain baru dan website lebih mudah digunakan. Modernisasi desain diharapkan bisa menarik lebih banyak pengguna untuk memaksimalkan pemanfaatan website ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Masimbangan Sabarina Harlina, Universitas Gunadarma, Depok

Program Studi Sistem Informasi

Rizki Ariyani, Universitas Gunadarma, Depok

Program Studi Sistem Informasi

Masimbangan Sabarina Herawati, Universitas Gunadarma, Depok

Program Studi Sistem Informasi

Raula Saffanah Putri, Universitas Gunadarma, Depok

Program Studi Sistem Informasi

References

[1] M. Ihksan, N. Abdillah, and A. J. Z, “Sistem Informasi Buku Tamu Perpustakaan Menggunakan QR Code Berbasis PHP Pada STIKes Syedza Saintika,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 22, no. 3, p. 1405, Oct. 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i3.2533.
[2] I. S. Amalia, T. L. M. Suryanto, and A. Wulansari, “Analisis Faktor Penerimaan Aplikasi iPusnas Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT),” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 45–54, May 2023, doi: 10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.45-54.
[3] J. G. Sujana, P. Muljono, D. P. Lubis, and S. Basuki, “The Information Seeking Behavior of Digital Native and Digital Immigrant Students of Bogor Agricultural University,” Journal of Education and Learning (EduLearn), vol. 12, no. 1, pp. 57–68, Feb. 2018, doi: 10.11591/edulearn.v12i1.7064.
[4] N. Nihayati and L. Wijayanti, “Implementasi Makerspace dalam Layanan Perpustakaan,” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, vol. 5, no. 2, p. 133, Dec. 2019, doi: 10.14710/lenpust.v5i2.26565.
[5] W. Kurniawan, T. Siswanto, R. Shofiati, and - Hartini, “The Implementation of Design Thinking Method and Product Development Method on Student Startup Business Soul Sepatu,” in Proceedings of the 5th Annual International Conference on Management Research (AICMaR 2018), Paris, France: Atlantis Press, 2019. doi: 10.2991/aicmar-18.2019.4.
[6] R. Glen, C. Suciu, C. C. Baughn, and R. Anson, “Teaching design thinking in business schools,” The International Journal of Management Education, vol. 13, no. 2, pp. 182–192, Jul. 2015, doi: 10.1016/j.ijme.2015.05.001.
[7] Y. Rahmanto, D. Alita, A. D. Putra, P. Permata, and S. Suaidah, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMK NURUL HUDA PRINGSEWU,” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), vol. 3, no. 2, p. 151, Sep. 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2009.
[8] A. Hanafie, A. L. Perdana, D. Munawar, and D. Ardianti, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Bone Berbasis Web,” Jurnal Teknologi dan Komputer (JTEK), vol. 2, no. 01, pp. 74–80, Jun. 2022, doi: 10.56923/jtek.v2i01.56.
[9] L. P. S. Ariyani, “Manajemen Perpustakaan Sekolah pada SMA dan SMK Negeri Se-Kota Singaraja: Permasalahan dan Solusi Pemecahannya,” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, vol. 2, no. 2, p. 123, Feb. 2017, doi: 10.14710/lenpust.v2i2.13479.
[10] W. Jiang, M. Zhang, R. Jie shi, and Y. Jiang, “User interface design in technology service platform of performance equipments Yanna,” in Proceedings of the 2015 Joint International Mechanical, Electronic and Information Technology Conference, Paris, France: Atlantis Press, 2015. doi: 10.2991/jimet-15.2015.108.
[11] H. Miki, “Reconsidering the Notion of User Experience for Human-Centered Design,” 2013, pp. 329–337. doi: 10.1007/978-3-642-39209-2_38.
[12] L. Qin Hu, H. Liu, and X. Zou, “An Evaluation of the User Experience on C2C Online Short-Term Rentals,” IOP Conf Ser Earth Environ Sci, vol. 199, p. 032001, Dec. 2018, doi: 10.1088/1755-1315/199/3/032001.
[13] E. Rosenzweig, “What is User Experience?,” in Successful User Experience: Strategies and Roadmaps, Elsevier, 2015, pp. 1–16. doi: 10.1016/B978-0-12-800985-7.00001-6.
[14] A. Buhl et al., “Design thinking for sustainability: Why and how design thinking can foster sustainability-oriented innovation development,” J Clean Prod, vol. 231, pp. 1248–1257, Sep. 2019, doi: 10.1016/j.jclepro.2019.05.259.
[15] W. Kurniawan, T. Siswanto, R. Shofiati, and - Hartini, “The Implementation of Design Thinking Method and Product Development Method on Student Startup Business Soul Sepatu,” in Proceedings of the 5th Annual International Conference on Management Research (AICMaR 2018), Paris, France: Atlantis Press, 2019. doi: 10.2991/aicmar-18.2019.4.
[16] A. H. Fauzi and I. Sukoco, “Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa,” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 37–45, Jun. 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.50.
Published
2024-12-28
How to Cite
HARLINA, Masimbangan Sabarina et al. Perancangan ulang user interface dan user experience website Gunadarma Library deposit system menggunakan Metode design thinking. Journal of Information System, Informatics and Computing, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 328-339, dec. 2024. ISSN 2597-3673. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/1678>. Date accessed: 14 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisicom.v8i2.1678.