Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Shalat (Ar-Rayyan) Dengan Metode Design Thinking Menggunakan Figma
Abstract
Aplikasi Pengingat Shalat (Ar-Rayyan) merupakan aplikasi untuk pengingat shalat, menentukan arah kiblat dan membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka penggunaka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) sebuah aplikasi pengingat shalat (Ar-Rayyan) menggunakan metode design thinking. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka penggunaka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) sebuah aplikasi pengingat shalat (Ar-Rayyan) menggunakan metode design thinking. Melalui tahapan-tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, penelitian ini berhasil mengumpulkan kebutuhan dan harapan pengguna, merumuskan masalah yang ada, menghasilkan berbagai ide solusi, membuat prototype desain UI/UX, dan menguji prototype tersebut dengan melibatkan pengguna.Berdasarkan hasil penelitian, 90% responden menganggap aplikasi ini mudah digunakan, 88% menganggap aplikasi ini mudah dipahami, 86% menyatakan bahwa aplikasi ini mempermudah membaca Al-Quran, dan 90% menyatakan efisiensinya. menyatakan informasi yang disajikan pada aplikasi tersebut mudah dipahami. Penggabungan metode Design Thinking dan alat desain Figma telah menunjukkan dampak penting dalam merancang UI/UX yang responsif, intuitif, dan menarik bagi pengguna.
Downloads
References
[2] Imroatul Munfaridah, “Problematika dan Solusinnya Tentang Penentuan Waktu Shalat dan Puasa di Daerah Abnormal (Kutub),” e-Journal Al-Syakhsiyyah J. Law Fam. Stud., vol. 3, no. 1, hal. 37–50, 2021.
[3] Muhajir, “AWAL WAKTUSHALATTELAAH FIQH DAN SAINS,” Madinah J. Stud. Islam, vol. 7, no. 2, hal. 202–213, 2020.
[4] A. S. A. Andhik Ampuh Yunanto, Febi Fidhiyanti Putri, Desy Intan Permatasari, Nailussa’ada, Fadilah Fahrul Hardiansyah, Umi Sa’adah, “PENERAPANMETODE KISS PRINCIPLE PADA APLIKASI PENGINGAT SHALAT BERBASIS WEB DAN SELULER,” Semin. Nas. Terap. Ris. Inov., vol. 9, no. 1, hal. 790–798, 2023.
[5] dan Z. A. Siti Khairun Nisa, “Pola Asuh Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Anak,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, hal. 517–527, 2023.
[6] R. R. Ubed Muhtaroom, “IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU KELAS XI DI SMAM 6 GRESIK,” Res. Dev. J. Educ., vol. 9, no. 1, hal. 313–320, 2023.
[7] A. S. Arianda Budiman Muhammad Nur Rahman, Ignasius Riandro Raul, Rifqi Taufiqurrohman, “Efektivitas Selenium dalam Pengujian Fungsionalitas Aplikasi Kasir Berbasis Web dengan Metode Blackbox,” JRIIN J. Ris. Inform. dan Inov., vol. 01, no. 01, hal. 252–261, 2023.
[8] M. Saefudin, Sudjiran, dan M. A. Mawarti, “IMPROVING USER EXPERIENCE THROUGH GREENPEACE WEBSITE UI/UX REDESIGN WITH THINKING DESIGN METHOD,” JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 7, no. 2, hal. 419–435, 2023.
[9] W. R. S. Adzhal Arwani Mahfudh, “Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 4, no. 2, hal. 255–262, 2022.
[10] R. F. Danang Haryuda Putra, Marsani Asfi, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” JITTER (Jurnal Ilm. Teknol. Inf. Ter., vol. 8, no. 1, hal. 111–117, 2021.
[11] A. Nurhasanah dan A. Voutama, “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: FAKULTAS ILMU KOMPUTER),” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 12, no. 3S1, hal. 3697–3705, 2024.
[12] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, dan dan D. H. Bangkalang, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI KTM MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, hal. 111–125, 2022.
[13] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, dan A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” J. Digit, vol. 10, no. 2, hal. 208–219, 2020.
[14] A. Mirza, M. D. Lusita, dan D. Diana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi E-Commerce Tech.An Gadget Berbasis Mobile Menggunakan Metode Desig Thinking,” JISICOM (Journal Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 7, no. 1, hal. 58–73, 2023.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.