Analisis dan kajian efektivitas media sosial dalam mengembangkan pemasaran kostum cosplay di Kota Batam
Abstract
Media sosial ialah media internet yang sering digunakan banyak orang di zaman sekarang, terdapat berbagai media sosial seperti facebook, instagram, youtube. Media sosial merupakan aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi secara online. Aplikasi-aplikasi yang terdapat pada media sosial dalam bentuk tanpa biaya, yang bersifat luas seperti bisa mengetahui atau bisa mengenal orang orang yang berada di daerah lainnya. Media sosial adalah medium internet yang memungkinkan pengguna mempresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerjasama, berbagi informasi dengan pengguna lain, dan membentuk ikatan sosial secara virtual. Dengan hal ini maka saya akan melakukan penelitian seberapa efektif memasarkan produk fashion cosplay melalui media sosial yaitu dengan adanya masalah tentang media sosial apakah cocok sebagai memasarkan produk dan minat tinggi, metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif mempertanyakan kepada responden tentang keefektifan media sosial dalam memasarkan produk cosplay, hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa mengetahui media sosial lebih cocok dalam memasarkan produk dan menarik minat pembeli/penyewa.
Downloads
References
[2] Aurelia Putri, A., & Prayoga, D. (2021). MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA Pemasaran Sosial menggunakan Media Sosial dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19: Tinjauan Literatur. Ejournal.Undip.Ac.Id, 20, 144–149. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi
[3] Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif. Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1323–1337.
[4] Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
[5] ELI JUMAATUL AULIA. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI JASA WEDDING. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
[6] Hasan, S. (2021). Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Kuliner Kota Bangkinang, Provinsi Riau). INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 30–40. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.121
[7] No, V., Hubner, I., Wijaya, J. V., Nugraha, K. D., Pariwisata, F., & Harapan, U. P. (2022). Jurnal Bangun Manajemen EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA Jurnal Bangun Manajemen. 1(2), 73–79. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i2.94
[8] Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
[9] Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
[10] Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif
pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
[11] Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85
[12] Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.