Peran Kepemimpinan Digital Dalam Era Digital

  • Riyanto Wujarso Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Bayu Seno Pitoyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Roy Prakoso Universitas Pancasila

Abstract

Teknologi digital mendorong perubahan yang lebih eksponensial di semua industri. Oleh karena itu, menjadi masalah bagi perusahaan apabila tidak melakukan transformasi untuk mempertahankan bisnis mereka di masa depan. Organisasi perlu menemukan kembali strategi untuk mengatasi perubahan cepat di era digital. Tantangan terbesar bagi organisasi atau perusahaan adalah bagaimana memanfaatkan peluang disrupsi digital ini dengan mempercepat transformasi digital perusaahaan dengan dipimpin oleh kapabilitas kepemimpinan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide kepemimpinan digital. Dengan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dengan tinjauan literatur makalah ini berusaha untuk mengidentifikasi konsep kepemimpinan digital; untuk menganalisis kemampuan ini dan dampaknya secara mendalam di era digital baru. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan digital sangat penting bagi organisasi untuk bertahan di era digital baru dengan mengadaptasi dan mengubah strategi bisnis. Untuk mencapai tujuan bisnis dan berhasil mendorong transformasi bisnis digital, para pemimpin digital menggunakan dan meningkatkan aset digital perusahaan. Pemimpin digital memiliki kemampuan dan perspektif yang berbeda dibandingkan dengan pemimpin tradisional. Namun, banyak organisasi tidak memahami nilai pemimpin digital, yang menyebabkan kinerja buruk dan kegagalan yang tidak dapat diperbaiki. Kesimpulan dari penelitian ini kepemimpinan digital mempunyai peran yang kuat bagi kesuksesan dan produktivitas perusahaan di era digital dengan bertransformasi menjadi perusahaan digital dan menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Novianti, P., Indah, H., Yudi, M., & Zen, K. (2021). Teknologi pendidikan dan transformasi digital di masa pandemi covid-19. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 53-57.
[2] Febrianty, F., Revida, E., Simarmata, J., Suleman, A. R., Hasibuan, A., Purba, S., ... & Saputra, S. (2020). Manajemen Perubahan Perusahaan Di Era Transformasi Digital. Yayasan Kita Menulis.
[3] Fajrillah, F., Purba, S., Sirait, S., Sudarso, A., Sugianto, S., Sudirman, A., ... & Simarmata, J. (2020). Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. Yayasan Kita Menulis.
[4] [12] Hambrick, D. C., & Mason, P. A. (1984). Upper echelons: The organization as a reflection of its top managers. Academy of management review, 9(2), 193-206.
[5] [13] Rudito, P., & Sinaga, M. F. (2017). Digital mastery, Membangun kepemimpinan digital untuk memenangkan era disrupsi. Gramedia Pustaka Utama.
[6] [7] Farunik, C. G. (2019). Strategi Digital Leadership menurut Pendekatan Kepemimpinan Situasional. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(1), 146-158.
[8] Banjarnahor, A. R., Sinaga, J. B. M., Handiman, U. T., Samosir, K., Purba, B., Siagian, V., ... & Djufri, I. (2022). Transformasi Digital dan Perilaku Organisasi. Yayasan Kita Menulis.
[9] Rahayu, B., & Ruhamak, M. D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Insentif, Remunerasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt Industri Sandang Pangan Nusantara Cilacap). Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(1).
[10] Syarifudin, E. (2004). Teori Kepemimpinan. Al Qalam, 21(102), 459-477.
[11] Rahmawati, I. D. (2020). Buku Ajar Sistem Informasi Akuntansi Dan Manajemen. Umsida Press, 1-175.
[14] Zhu, P. (2015). Digital master: Debunk the myths of enterprise digital maturity. Lulu Press, Inc.
[15] Tulungen, E. E., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital: Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).
[16] Poernomo, B. (2020, July). Peran Perguruan Tinggi Dalam Menyiapkan Pemimpin Masa Depan menghadapi Era VUCA. In Prosiding Seminar STIAMI (Vol. 7, No. 2, pp. 70-80).
[17] Petry, T. (2018). Digital leadership. In Knowledge management in digital change (pp. 209-218). Springer, Cham.
[18] Marfuin, M., & Robin, R. (2021, March). Strategi Bisnis Digital dan Kinerja Perusahaan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 425-436).
[19] Hikmah, N. N. (2021). Strategi Bisnis Digital (No. k247f). Center for Open Science.
[20] Fisk, P. (2002). The making of a digital leader. Business Strategy Review, 13(1), 43-50.
[21] Veitas, V., & Weinbaum, D. (2017). Living cognitive society: a ‘digital’world of views. Technological Forecasting and Social Change, 114, 16-26.
[22] [23] Somerville, M. M. (2013). Digital age discoverability: A collaborative organizational approach. Serials Review, 39(4), 234-239.
[24] Simatupang, T. M., & Widjaja, F. B. (2012). Benchmarking of innovation capability in the digital industry. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 65, 948-954.
[25] Kamalaldin, A., Linde, L., Sjödin, D., & Parida, V. (2020). Transforming provider-customer relationships in digital servitization: A relational view on digitalization. Industrial Marketing Management, 89, 306-325.
[26] Tronvoll, B., Sklyar, A., Sörhammar, D., & Kowalkowski, C. (2020). Transformational shifts through digital servitization. Industrial Marketing Management, 89, 293-305.
[27] Petersone, B., & Erzikova, E. (2016). Leadership and public relations in two emerging markets: A comparative study of communication management in Latvia and Russia. Public Relations Review, 42(1), 192-200.
Published
2023-02-01
How to Cite
WUJARSO, Riyanto; PITOYO, Bayu Seno; PRAKOSO, Roy. Peran Kepemimpinan Digital Dalam Era Digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-9, feb. 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/720>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.720.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>