PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KEPUASAN PELAYANAN MAHASISWA

  • Anton Zulkarnain Sianipar Program Studi Teknik Informatika, STMIK Jayakarta

Abstract

Kepuasan pelayanan mahasiswa mahasiswa menjadi bagian terpenting di institusi pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui prosedur pembuatan kuesioner online menggunakan Google Form sebagai media penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan berupa angket dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa STMIK Jayakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengembangan kuesioner penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa dimulai dari tahap merencanakan, membuat, mempublikasikan dan memberikan petunjuk penggunaan. Dari hasil penelitian didapatkan data respon mahasiswa menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih antusias dengan penggunaan kuesioner online (60%), mudah diakses (88%) waktu menjadi lebih efisien (87%), menghemat penggunaan kertas (92%), mengerti cara menggunakannya (92,3%), bahasa kuesioner telah sesuai (100%), materinya sudah sesuai (92%). Dengan demikian, Google Form sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengumpulkan data penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-20
How to Cite
SIANIPAR, Anton Zulkarnain. PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KEPUASAN PELAYANAN MAHASISWA. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 16-22, feb. 2019. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72>. Date accessed: 16 july 2025.