Pengaruh Advertising Awareness Terhadap Brand Equity di Media Sosial Tiket.com: Brand Awareness dan Brand Image Sebagai Variabel Intervening

  • Tarandhika Tantra Universitas Telkom
  • Indira Rachmawati Universitas Teklkom
  • Alvian Putra Pamungkas Universitas Telkom

Abstract

Penggunaan teknologi informasi hampir merapa pada seluruh lini kehidupan masyarakat. Online Travel Agent merupakan salah satu representasi dari kemajuan teknologi informasi tersebut. Tiket.com didirikan tahun 2011 merupakan pionir dari perkembangan online travel agent di Indonesia, namun kalah saing dengan aplikasi serupa. Untuk mendapatkan awareness masyarakat, online travel agent dapat melakukan aktivitas advertising yang juga menyesuaikan dengan perkembangan media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh advertising awareness Tiket.com di media sosial dalam membentuk brand equity. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran brand awareness dan brand image sebagai variable intervening. Penelitian ini dilakukan sercara kuantitatif dengan 400 responden Tiket.com. Teknik analisis menggunakan Structural equation model (SEM) dengan menggunakan software AMOS24. Hasil penelitian menunjukan, advertising awareness berpengaruh positif terhadap brand awareness, brand image, dan brand equity. Brand image memiliki pengaruh positif terhadap brand equity. Sedangkan diketahui bahwa advertising awareness tidak memiliki pengaruh positif pada brand equity

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tarandhika Tantra, Universitas Telkom

Program Studi Manajemen

Indira Rachmawati, Universitas Teklkom

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Alvian Putra Pamungkas, Universitas Telkom

Program Studi Manajemen , Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

[1] Suryani, Ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenpakraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi. 8(2), 123-138. ISSN: 1907-898X
[2] Ningtyas, Elsya Saktia., & Martini, Erni. (2019) Pengaruh Dimensi Brand Eqiuty Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Online Travel Agent Tiket.com). e-Proceeding of Management. 6(2), 2398-2403. ISSN: 2355-9357.
[3] Top Brand Award. (2020). Top Brand Index Online Travel Agent. Retrieved Oktober 15 Oktober, 2020 from https://www.topbrand-award.com/top-brand- index/?tbi_find=tiket.com.
[4]Similarweb. (2020). Trafic Overview. Retrieved Januari 9, 2021 from https://www.similarweb.com/website/tiket.com.
[5] Sumiati, Rosita., Nadiyah, Hirfiyana., & Yulianti, Ida. (2016). Brand dalam Implikasi Bisnis. Malang. Indonesia : UB Press
[6] Trott, Sangeeta., & Sople, Vinod V. (2016). Brand Equity: An Indian Perspective. New Delhi : PHI Learning Private Limited.
[7] Alhaddad, Abdullah, A. (2015). The Effect of Advertising Awareness on Brand Equity in Social Media. International Journal of e-Education, e-Business, e- Management and e-Learning, 5(2), 73-84. doi: 10.17706/ijeeee.2015.5.2.73- 84
[8] Barroso, A., & Llobet, G. (2012). Advertising and Consumer awareness of new, differentianted products. Journal of Marketing, 49(6), 773-792. doi: 10.1509/jmr.11.0045
[9] Pemerintah Indonesia. (n.d). Undang-Undang No.15 Tahun 2001 Yang Mengatur Tentang Merek. Lembar Negara RI Tahun 2001, No.110. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta. Retrieved from https://dgip.go.id/images/ki-images/pdf- files/uu_pp1/uu_no_15_th_2001.pdf
[10] Kotler, Phillip., & Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management. (15e ed). USA: Pearson Education Limited
[11] Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Merek (1st ed.). Yogyakarta: ANDI.
[12] Ghozali, Imam. (2011). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOA 24 Update Bayesian SEM. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
[13] Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis. Bandung. Indonesia: Refika Aditama
[14] Rizkia, Muhammad Naufal., & Martini, Erni. (2019). The Effects of Advertising Awareness on Social Media towards Brand Equity of Telkom University. International Journal of Science and Research (IJSR). 8(12), 1655-1659. doi: 10.21275/ART20203661
[15] Gunawan, Vincent Jonathan., & Sugiharto, Sugiono. (2016). Analisa Pengaruh Advertising Awareness Terhadap Brand Equity dengan Brand Awareness dan Brand Image Sebagai Variabel Intervening dengan Studi Kasus Iklan Indomie Goreng Kuah di Youtube. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(2), 1-8
[16] Tyasendy, Billy Nugroho., & Anggadwita, Grisna. (2016). Analisis Pengaruh Customer Brand Awareness Terhadap Brand Image di Instagram Pada Usaha Wallts. e-Proceeding of Management. 3(3), 1-6. ISSN : 2355-9357
[17] Nawawi, Syukron., & Riptiono, Sulis. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Association Terhadap Brand Equity dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Le Minerale di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2(2), 166-183
[18] Septyani, Rizky., & Magnadi, Rizal Hari. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Komunikasi Pemasaran dan Elemen Merek Terhadap Ekuitas Merek dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Produk Lipstik Merek Red-A). Diponogoro Journal of Management. 5(3), 1-11. ISSN (Online) : 2337-3792
[19] Asif, Muhammad., Abbas, Kaleem., Kashif, Muhammad., Hussain, Sadique., & Hussain, Iltaf. (2015). Impact of Brand Awareness and Loyalty on Brand Equity. Journal of Maketing and Consumer Research. 12, 67-72, ISSN: 2422- 8451
[20] Brangsinga, Gusti Bagus Yopi., & Sukawati, Tjok Gede Raka. (2019). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty dan Brand Equity. E-Jurnal Manajemen, 8(4), 2125-2151. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i4.p9
[21] Utari, Rini., & Hurriyati, Ratih. (2016). Pengaruh Kinerja Repositioning Terhadap Brand Equity (Survei pada Konsumen Pengguna Sabun Cair Lux di Griya Kopo Permai). Journal of Management and Enterpreneurship Education. 1(1), 81-97
[22] Setiawan, Budi., & Rabuani, Celia Celesta. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi dan Bisnis. 1(1), 1-15
[23] Situmorang, Irwanty L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond's pada Remaja di Kota Pekanbaru. JOM Fekon. 4(1), 72-86
Published
2022-02-01
How to Cite
TANTRA, Tarandhika; RACHMAWATI, Indira; PAMUNGKAS, Alvian Putra. Pengaruh Advertising Awareness Terhadap Brand Equity di Media Sosial Tiket.com: Brand Awareness dan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 93-101, feb. 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/675>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i1.675.