WEBQUAL 4.0 UNTUK EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE E-COMMERCE ALZAFA.COM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

  • Luci Kanti Rahayu Manajemen Informatika, AMIK BSI Jakarta
  • Wida Prima Mustika Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Wahid Fajar Wahyudi Sistem Informasi, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Website merupakan media komersial yang digunakan oleh perusahaa/organisasi untuk melakukan kegiatan bisnis. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kualitas suatu website. Dalam penelitian ini, untuk mengukur kualitas website alzafa.com dengan menggunakan webqual 4.0. Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Adapun instrument-instrument penelitian yang digunakan dalam webqual 4.0 adalah usability, information quality, service interaction dan kepuasan pelanggan. Dalam proses analisa menggunakan teknik survey terhadap 50 responden. Dalam tahap analisa data yang terdiri dari uji validasi, uji realibitas dan penilaian dengan skala linkert. Uji validasi menggunakan rumus Bevariate Pearson dan uji realibitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Sedangkan penilaian menggunakan skala likert digunakan 5 interval yaitu: Sangat Puas, Puas, Netral, Kurang Puas dan Sangat Tidak Puas. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel usability mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-04
How to Cite
RAHAYU, Luci Kanti; MUSTIKA, Wida Prima; WAHYUDI, Wahid Fajar. WEBQUAL 4.0 UNTUK EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE E-COMMERCE ALZAFA.COM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 47-54, apr. 2018. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/27>. Date accessed: 16 july 2025.