PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENDORONG DIGITALISASI UMKM DI DKI JAKARTA

  • Akmal Budi Yulianto STMIK Jayakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan buatan (AI) dalam mendorong digitalisasi UMKM di DKI Jakarta. UMKM memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, menyumbang 61% terhadap PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 117 juta tenaga kerja. Namun, adopsi digital masih menghadapi tantangan besar. Data dari BPS, Kemenkop UKM, Kominfo, KI DKI, dan Dinas PPUKM DKI Jakarta menunjukkan tren peningkatan jumlah UMKM yang memanfaatkan teknologi digital, meskipun masih relatif rendah. AI berpotensi besar membantu UMKM dalam desain produk, analisis pasar, segmentasi konsumen, serta menjaga mutu produk agar dapat bersaing di pasar global. Benchmarking dengan Tiongkok, Korea Selatan, dan Singapura menunjukkan bahwa penerapan AI dapat mempercepat transformasi digital UMKM. Penelitian ini menekankan perlunya sinergi pemerintah, akademisi, dan swasta untuk menciptakan ekosistem UMKM berbasis AI yang berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. Statistik Industri Mikro dan Kecil 2021-2023. Jakarta: BPS, 2024.
[2] Kementerian Koperasi dan UKM RI. Laporan Tahunan 2023.
[3] Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Program UMKM Level Up dan Digital Entrepreneurship Academy, 2023.
[4] Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta. Implementasi Pergub No.40 Tahun 2024 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
[5] Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jakpreneur dan Implementasi QRIS di UMKM, 2024.
[6] McKinsey & Company. The Digital Archipelago: How Online Commerce is Driving Indonesia’s Economic Development. McKinsey Global Institute, 2018.
[7] Rogers, Everett M. Diffusion of Innovations. Free Press, 2003.
[8] Annas, Muhammad Faishal, and Elfitra Desy Surya. “The Role of AI in UMKM: How Artificial Intelligence Helps UMKM Survive and Thrive in The Digital Era in Medan City.” Journal of Research in Social Science and Humanities, 2025.
[9] Kurniawan, Fauzi, et al. “The Artificial Intelligence (AI) Utilizing to Assist Digital Marketing in Indonesia: A Systematic Literature Review 2019–2024.” ResearchGate, 2024.
[9] Yanto, Budi Harsono, and Hasim Ashari. “Advancing Innovation in Jakarta’s MSMEs: Addressing Key Challenges and Support Mechanisms.” International Journal of Research and Innovation in Social Science, 2025.
Published
2025-11-11
How to Cite
YULIANTO, Akmal Budi. PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENDORONG DIGITALISASI UMKM DI DKI JAKARTA. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1615-1619, nov. 2025. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/2139>. Date accessed: 12 nov. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v9i4.2139.