STRATEGI KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM MENCIPTAKAN NILAI BARU: STUDI KASUS PERUSAHAAN YANG SUKSES MENERAPKAN BLUE OCEAN STRATEGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji strategi manajemen inovatif perusahaan saat menciptakan nilai baru dalam strategi Blue Ocean. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literatur dan studi kasus yang digunakan untuk memahami strategi kepemimpinan inovatif dalam menciptakan nilai baru pada perusahaan yang sukses menerapkan Blue Ocean Strategy. Pendekatan ini menggali lebih dalam tentang strategi kepemimpinan dalam meciptakan perusahaan Blue Ocean Strategy. Dengan menganalisis studi kasus oleh Pt. Gojek Indonesia yang berkontribusi pada keberhasilan inovasi dan diversifikasi layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, kepemimpinan yang efektif yang mendukung kreativitas dan memperkuat mitra, adalah komponen kunci untuk mendorong inovasi. Selain itu, strategi untuk mendiversifikasi layanan diversifikasi yang tidak diproduksi karena kebutuhan pelanggan yang tidak berawak telah mampu menciptakan sektor pasar baru dan meningkatkan daya saing perusahaan. Hasil ini menyimpulkan bahwa kombinasi kepemimpinan inovatif dan penggunaan strategi yang tepat sangat penting untuk mencapai keberhasilan jangka panjang dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.
Downloads
References
[2] Andriani, Diana. 2013. “Pendekatan Blue Ocean Strategy Untuk Meningkatkan Strategi Pelayanan Obat Di Apotek K-24. “ Jurnal Manajemen Informatika 1 (5): 1-8
[3] Anggada Abim Pramudya, Muhammad Rouf Purnama, Ninnes Sri Andarbeni, Putri Nurjayanti, & M. Isa Anshori. (2023). Implementasi Budaya Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 24–40. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i4.505
[4] Chrismardani, Yustina. 2019. “IMPLEMENTASI BLUE OCEAN STRATEGY DI INDONESIA Yustina Chrismardani.” Journal for Decision Makers 6 (7): 1-8
[5] J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
[6] Hasanah, J., Zainal Alim, M., Febriansyah, V., Isa Anshori, M., Ekonomi dan Bisnis, F., & Trunojoyo Madura, U. (2023). Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Transformasional: Sistematika Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 248–261. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i4.502
[7] Lailatul | Strategi, Kepemimpinan Abad, WidyaiswaranBpsdm, and Provinsi Jambi. 2020. “PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam *****Volume 1, Nomor 2, Juni 2020 *****” 1:162-82
[8] Kevin Nugraha Ramadhan, Mu’tassim Billah, Raden Muhammad Rusydan, Farah Farah, M.Ghifari Akmal Prayogo, & Dwi Rafly Wibowo. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Aplikasi Online Single Submission (OSS) di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 18–26. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.151
[9] M Fahri Nursalim, Agustin Pratiwi, Sanida Nisa Farasi, & Mochammad Isa Anshori. (2023). Kepemimpinan Pendekatan Sifat Dalam Organisasi. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 86–108. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.158
[10] Nazairin, A., & Ainah, N. (n.d.). Marketing Strategy Through the Integration of Red Ocean and Blue Ocean Approaches in the Online Service Industry of PT. Gojek Indonesia: A Review.
[11] Nazairin, Aswan, and Noor Ainah. 2024. “Marketing Strategy Through the Integration of Red Ocean and Blue Ocean Approaches in the Online Service Industry of PT. Gojek Indonesia : A Review,”67-78
[12] Ningrum, R. A., Sari, I., Haris, D., Program, H., Manajemen, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). STRATEGI PERENCANAAN DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSAINGAN BISNIS PADA CV. BANG HUSIN.
[13] Qadir, A., Aini, N., & Wahyuni, S. (2017). Gojek: Strategi dan Inovasi dalam Bisnis Transportasi Online. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.
[14] Radiva Dianda Zahra Putri, Sherly Yulianti, & M. Isa Anshori. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan; Literature Review. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(2), 298–310. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1761
[15] Furqon, Dzulfikar Ahmad. 2023. “The Journey of GOJEK: Becoming Indonesia’s First Decacorn Startup.” Jurnal TAMBORA 7 (2): 18–23. https://doi.org/10.36761/jt.v7i2.2955.
[16] Ngao, Edmund Edgar. 2019. “How Ride Hailing Services Utilized Technological Innovation as One of Their Strategies in Creating Blue Ocean ? Case Study Based on Go-Jek , Bandung , Indonesia.” North American Academic Research, 150–72.
[17] Prasasti, Umi. 2025. “Kepemimpinan Transformatif Dan Budaya Inovasi Sebagai Kinerja Perusahaan : Studi Kasus Di Perusahaan Gojek” 3 (2): 240–4

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.