ANALISIS PERBANDINGAN SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT DENGAN TINGKAT LIKUIDITAS SAHAM, HARGA SAHAM, DAN RETURN SAHAM PADA INDEKS SAHAM KOMPAS 100 TAHUN 2014 – 2018

  • Endah Mardiyaningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Revan Andhitiyara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat likuiditas proksi trading volume activity (tva), harga saham, serta return saham proksi abnormal return sebelum dan sesudah stock split. Penelitian ini menggunakan event study, pengamatan dilakukan terhadap rata-rata tva, harga saham, dan abnormal return selama lima hari sebelum stock split dan lima hari sesudah stock split. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik purposif sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tanggal pengumuman stock split yang digunakan sebagai event date (t+0), jumlah saham yang diperdagangkan secara harian, jumlah saham beredar, harga saham penutupan harian perusahaan yang melakukan stock split dalam periode pengamatan, Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) harian. Sampel yang digunakan berjumlah 11 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kategori indeks Kompas 100 yang melakukan stock split selama tahun 2014-2018. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan tva yang signifikan sebelum dan sesudah stock split tetapi tidak terdapat perbedaan harga saham, dan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah stock split. Saran untuk penelitian selanjutnya, sampel yang diteliti sebaiknya ditambah serta mewakili masing-masing jenis industri secara proporsional. Apabila dipisahkan antar jenis industri, mungkin akan memberikan hasil yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-29
How to Cite
MARDIYANINGSIH, Endah; ANDHITIYARA, Revan. ANALISIS PERBANDINGAN SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT DENGAN TINGKAT LIKUIDITAS SAHAM, HARGA SAHAM, DAN RETURN SAHAM PADA INDEKS SAHAM KOMPAS 100 TAHUN 2014 – 2018. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-13, feb. 2020. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/166>. Date accessed: 30 apr. 2024.