PERANCANGAN SISTEM MAINTENANCE DATA CENTER PADA PT JAYA TEKNIK INDONESIA

  • Mohammad Fazrie Universitas Indraprasta PGRI
  • Dudi Parulian Universitas Indraprasta PGRI
  • Bahtera Alam Wijaksono Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Sistem maintenance data center merupakan hal yang penting untuk memastikan keandalan dan ketersediaan data center yang digunakan oleh perusahaan. Pada PT Jaya Teknik Indonesia, sistem maintenance data center yang sudah ada masih tergolong manual dan belum efektif dalam menjaga keandalan data center. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah sistem maintenance data center yang lebih terintegrasi dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem maintenance data center pada PT Jaya Teknik Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi literatur untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dan dirancanglah sistem maintenance data center yang lebih terintegrasi dan efektif. Sistem maintenance data center yang dirancang terdiri dari beberapa modul, yaitu modul pemantauan, modul pelaporan, dan modul perbaikan. Modul pemantauan berfungsi untuk memantau kondisi data center secara real-time, termasuk suhu, kelembaban, daya listrik, dan lain-lain. Modul pelaporan berfungsi untuk membuat laporan terkait kondisi data center dan pelaksanaan maintenance yang telah dilakukan. Modul perbaikan berfungsi untuk mengkoordinasikan perbaikan yang diperlukan jika terdapat masalah pada data center. Sistem maintenance data center yang dirancang juga dilengkapi dengan fitur notifikasi, sehingga jika terdapat masalah atau keadaan darurat pada data center, pihak yang berwenang dapat segera memberikan tindakan yang diperlukan. Selain itu, sistem ini juga dapat diakses secara online, sehingga memudahkan pihak yang berwenang dalam memantau kondisi data center. Diharapkan dengan adanya sistem maintenance data center yang lebih terintegrasi dan efektif ini, PT Jaya Teknik Indonesia dapat menjaga keandalan dan ketersediaan data center yang dimilikinya, sehingga dapat mendukung kelancaran operasi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] C. Moreno, R. A. C. González, and E. H. Viedma, “Data and artificial intelligence strategy: A conceptual enterprise big data cloud architecture to enable market-oriented organisations,” IJIMAI, vol. 5, no. 6, pp. 7–14, 2019.
[2] R. Sari, “Analisis pengaruh sistem maintenance terhadap kinerja data center pada PT ABC ,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 33-43., 2019.
[3] H. Ismail, “Rancang bangun sistem maintenance data center berbasis Internet of Things (IoT). ,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 5-21., 2018.
[4] F. T. D. Atmaji and J. Alhilman, “Maintenance system of universal goss printing machine based on failure data using RCM and RCS method,” in Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2018.
[5] F. Fauliyadi, A. Nalhadi, D. Cahyadi, and E. H. Sucipto, “PERENCANAAN SISTEM PERAWATAN MESIN DUST COLLECTOR PECS ID FAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE,” JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri, vol. 2, no. 1, pp. 30–40, 2021.
Published
2023-05-08
How to Cite
FAZRIE, Mohammad; PARULIAN, Dudi; WIJAKSONO, Bahtera Alam. PERANCANGAN SISTEM MAINTENANCE DATA CENTER PADA PT JAYA TEKNIK INDONESIA. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 403-411, may 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1092>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1092.