OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL UNTUK TUGAS ADMINISTRASI KADER KOPPAJA BOGOR

  • Linda Marlinda Universitas Nusa Mandiri, Jakarta
  • Windu Gata Universitas Nusa Mandiri, Jakarta
  • Taranza Tutopoli Universitas Nusa Mandiri, Jakarta

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatar belakangi oleh kebutuhan para kader Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (Koppaja). Mereka kebanyakan belum familiar dengan Microsoft Excel dan tidak menggunakannya untuk pengolahan data dan menyelesaikan tugas sehari-hari. Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data otomatis yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan administratif, dari yang sederhana hingga yang kompleks. 12 orang kader koppaja semuanya ikut berpartisipasi dalam program ini. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa hanya sedikit kader yang dapat menggunakan Microsoft Excel, padahal kemampuan menggunakan aplikasi ini sangat diperlukan. Seiring dengan bertambahnya volume pekerjaan dan timeline penyelesaian pekerjaan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para kader tentang cara menggunakan Microsoft Excel dalam menyelesaikan tugas sehari-hari sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat dan tepat serta dapat meningkatkan prestasi kerja dan keterampilannya. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah bimbingan belajar dan pelatihan langsung Microsoft Excel dengan menggunakan laptop. kegiatan akan diselenggara dengan mudah dan nyaman karena seluruh peserta dipinjamkan laptop untuk pelatihan excel oleh pada dosen dan mahasiswa. Semoga program pelatihan excel ini memberikan manfaat bagi para kader agar dapat mengaplikasikan secara optimasi didalam pengolahan proyek administratif yang ada di koppaja Bogor. Hasil yang dapat dicapai dari kegiatan layanan masyarakat ini adalah meningkatnya pemanfaatan fasilitas IPTEK menggunakan microsoft excell sebagai media penunjang kegiatan operasional sebesar 80% para kader  sudah memiliki kemampuan mengoperasikan microsoft excel seperti, membuat perhitungan keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Budimas, “No Title,” vol. 02, no. 02, pp. 166–172, 2020.
[2] H. I. Pratiwi, “PELATIHAN MICROSOFT OFFICE SELATAN,” pp. 8–13, 2018.
[3] H. Septanto, P. Windriyani, and T. L. Marselino, “Pelatihan Microsoft Excel Tingkat Menengah Untuk Guru-guru SD Taruna Bakti Bandung,” vol. 1, no. 1, pp. 30–34, 2020.
[4] “sinergi,” vol. 4, 2022.
[5] A. Febriandirza, A. M. Saraswati, and F. Teknik, “PELATIHAN MICROSOFT EXCEL DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI SISWA,” vol. 3, pp. 9–15, 2022.
[6] S. Musalamah, M. A. Ramadhan, and A. Saefudin, “Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office Untuk Mendukung Kinerja Tenaga Pendidik di Sekolah,” J. Panrita Abdi, vol. 5, no. 4, pp. 528–535, 2021.
Published
2023-12-08
How to Cite
MARLINDA, Linda; GATA, Windu; TUTOPOLI, Taranza. OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL UNTUK TUGAS ADMINISTRASI KADER KOPPAJA BOGOR. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 49-55, dec. 2023. ISSN 2798-8295. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas/article/view/1310>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v3i2.1310.