KOMPARASI METODE AHP DAN MOORA DALAM PEMILIHAN JURUSAN PADA SMK TRI DHARMA 2 BOGOR

  • Sakinah Novianti Kartika Linggadewi STMIK Nusa Mandiri, Jakarta
  • Cahyani Budihartanti STMIK Nusa Mandiri, Jakarta

Abstract

Setiap tahun dilaksanakan penerimaan peserta didik baru dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sesuai kurikulum yang berlaku di seluruh Indonesia, siswa kelas X SMK akan mengalami pemilihan jurusan (Penjurusan). Penjurusan ini diselenggarakan agar dapat menyesuaikan kemampuan siswa terhadap bidang yang dipilihnya. Dengan itu diharapkan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalami kesulitan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebaliknya, jika siswa kurang tepat dalam memilih jurusan akibatnya akan berkurangnya minat belajar dan menurunnya kualitas prestasi akademik siswa tersebut. Pada kenyataannya, ada beberapa siswa yang memilih jurusan tanpa mempertimbangkan minat dan bakatnya, terkadang siswa dipengaruhi oleh pendapat orangtua, teman atau figur-figur yang diidolakan. Tujuan dari penjurusan ini adalah untuk mengetahui faktor apa diantara minat, bakat, saran orangtua dan peluang karir yang dipilih oleh siswa dalam memilih jurusan pada SMK Tri Dharma 2 Bogor. Dengan menggunakan metode AHP dan MOORA sebagai model untuk uji komparasi hiearki. Metode ini digunakan karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan dengan memperhatikan kriteria yang ada serta informasi yang diberikan bersifat kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini di dapat bahwa metode AHP dan MOORA dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan pemilihan jurusan.


Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, MOORA, Penjurusan.


 


Abstract: Every year new student admissions are carried out from junior high school to vocational high school. In accordance with the applicable curriculum throughout Indonesia, x grade vocational students will experience a selection of majors. This course is organized so that students can adjust their abilities to the chosen field. Hoped that learning activities can run smoothly without experiencing difficulties and can improve student learning achievement. Conversely, if students do not choose the right majors the result will be reduced interest in learning and decreased quality of academic achievement of these students. In fact, there are some students who choose majors without considering their interests, talents and career opportunities, sometimes students are influenced by the opinions of parents, friends or figures who are idolized. The purpose of this department is to find out what factors are among the interests, talents, parental advice and career opportunities chosen by students in choosing majors at SMK Tri Dharma 2 Bogor. By using the AHP and MOORA methods as a model for the comparison test hierarchy. This method is used because it can help in making decisions by considering existing criteria and the information provided is qualitative. The results of this study can be found that the AHP and MOORA methods can be applied in decision making in the selection of majors.


Keywords: Decision Support System, AHP, MOORA, Majors.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-28
How to Cite
LINGGADEWI, Sakinah Novianti Kartika; BUDIHARTANTI, Cahyani. KOMPARASI METODE AHP DAN MOORA DALAM PEMILIHAN JURUSAN PADA SMK TRI DHARMA 2 BOGOR. Journal of Information System, Informatics and Computing, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 61-74, dec. 2020. ISSN 2597-3673. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/320>. Date accessed: 28 jan. 2021.
Section
Articles