SISTEM INFORMASI KOPERASI PINJAMAN PADA KOPERASI KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL JAKARTA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK

  • Embun Fajar Wati

Abstract

Koperasi Mandarin Oriental Jakarta atau biasa disebut dengan KKMOJ adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi terutama pinjaman. Tujuan utama dari koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota-anggotanya. Adanya dokumen-dokumen yang banyak dalam satu transaksi membuat pengurus kesulitan dalam pencarian data, terjadinya kesalahan perhitungan dan aktivitas rutin yang semakin meningkat ternyata membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Sehingga membuat koperasi sadar akan perlunya suatu alat yang membuat pekerjaan menjadi mudah. Oleh sebab itu, Koperasi Mandarin Oriental Jakarta tak ingin ketinggalan dalam penggunaan komputer. Cara inilah yang digunakan koperasi sebagai langkah awal yang tepat menuju kemajuan. Analisis Sistem Informasi menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang berorientasi objek sebagai alat pemodelan sistem. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi pendahuluan (tinjauan lapangan dan penelitian kepustakaan), analisa sistem, dan rancangan sistem.
Hasil penelitian ini mencakup beberapa proses yaitu : pendaftaran anggota, transaksi pinjaman, transaksi pinjaman bukopin, perhitungan dan pembuatan laporan yang akan dikembangkan dengan aplikasi berbasis desktop. Rancangan ini diharapkan dapat memfasilitasi aliran informasi rekaman dokumen dan perhitungan keuangan, serta mendukung pelaksanaan proses bisnis koperasi.

Kata Kunci : Koperasi, pinjaman, UML, waterfall.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-20
How to Cite
WATI, Embun Fajar. SISTEM INFORMASI KOPERASI PINJAMAN PADA KOPERASI KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL JAKARTA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-20, sep. 2017. ISSN 2597-3673. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/2>. Date accessed: 18 apr. 2024.