ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF DAN DATA WAREHOUSE MONITORING PERMOHONAN DAN PERSURATAN MEREK PADA DIREKTORAT MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN

  • Urim Carry Wilson Sitio Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta
  • Yudi Harianto Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Abstract

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) adalah sebuah unit eselon 1 pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, kesulitan dalam merekap data dalam jumlah besar dan ditampilkan dalam bentuk yang mudah dimengerti sehingga DJKI membutuhkan sebuah Sistem Informasi Eksekutif atau Executive Information System (EIS) dan data warehouse untuk menunjang pengambilan keputusan terkait permohonan merek dan persuratan, dengan dibuatnya EIS yang berlingkup pada Direktorat Merek dan Indikasi Geografis dan digunakan para Eksekutif Direktorat Merek dan Indikasi Geografis selaku pengambil keputusan Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, agar dapat mempercepat pembuatan keputusan yang terbaik untuk Direktorat Merek dan Indikasi Geografis dan publik. Perancangan EIS dan data warehouse dilakukan dengan Software Life Development Cycle (SDLC), dimana menggunakan metode waterfall dalam perancanaan EIS tersebut. Untuk database akan digunakan Oracle 11g dimana sebagian besar aplikasi pada DJKI menggunakan oracle 11g dalam menyimpan data, selain itu untuk bahasa pemrograman akan menggunakan VB.NET dan template DevExpress. Setelah melalui pengujian blackbox testing EIS dapat digunakan untuk membantu para eksekutif dalam pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10
How to Cite
WILSON SITIO, Urim Carry; HARIANTO, Yudi. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF DAN DATA WAREHOUSE MONITORING PERMOHONAN DAN PERSURATAN MEREK PADA DIREKTORAT MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN. Journal of Information System, Informatics and Computing, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 82-91, dec. 2019. ISSN 2597-3673. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/143>. Date accessed: 05 apr. 2020.
Section
Articles