RANCANG BANGUN GAME “LEGENDS OF SPACESHIP” MENGGUNAKAN GAME MAKER STUDIO

  • Rahmat Tirta Kusuma Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri Jakarta
  • Astriana Mulyani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri Jakarta
  • Harsih Rianto Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Semua orang pasti pernah mengenal apa itu Game, mulai dari anak – anak hingga orang tua masa kini pasti pernah meminkannya. Game adalah salah satu jenis aktivitas bermain, yang didalamnya dilakukan dalam konteks berpura – pura namun terlihat seperti realitas. Game juga dapat diartikan sebagai kegiatan penyelesaian masalah, didekati dengan sikap yang menyenangkan, Game yang bagus adalah yang bisa membuat pemain berpartisipasi secara aktif, bisa menigkatkan dan melatih kelincahan pemain dan mempunyai tantangan yang tepat, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak. Penulis memilih latar ruang angkasa yang penulis anggap cukup menarik untuk menjadi Game petualang menggunakan Game Maker Studio. Metode penelitian yang digunakan terbagi menjadi beberapa tahap yaitu pengumpulan data, perancangan, pembuatan, dan tahap uji coba. Proses pembuatan Game ini menggunakan bahasa pemrograman Game Maker Language dan software Adobe Photoshop 7.0 untuk pembuatan desain objek dan user interface dan beberapa software pendukung lainnya. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa telah berhasil dibuat Game ini dengan genre Action yang terbagi menjadi 3 mode permainan yang berbeda, dan Game ini dapat menjadi hiburan, meningkatkan ketangkasan dan kelincahan dan menjadi sarana penghilang jenuh setelah beraktifitas seharian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-10
How to Cite
KUSUMA, Rahmat Tirta; MULYANI, Astriana; RIANTO, Harsih. RANCANG BANGUN GAME “LEGENDS OF SPACESHIP” MENGGUNAKAN GAME MAKER STUDIO. Journal of Information System, Informatics and Computing, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 37-44, dec. 2019. ISSN 2597-3673. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/137>. Date accessed: 05 apr. 2020.
Section
Articles