DETERMINASI RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Rina Dameria Napitupulu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Rasio Net Profit Margin (NPM), Return on Investment (ROI) dan Return on Equity (ROE), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap prediksi laba yang akan datang. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) manufaktur perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2015-2018, (2) manufaktur perusahaan yang menghasilkan laba setelah pajak selama periode studi dan perusahaan (3) manufaktur yang mengeluarkan NPM, ROI, ROE dan PER positif nilai selama masa studi.  Hasil analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5% menunjukkan bahwa variabel PER secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap prediksi laba yang akan datang. Sementara variabel NPM, ROI, ROE tidak berpengaruh dan signifikan untuk prediksi keuntungan yang akan datang. Dalam bersamasama menunjukkan bahwa variabel NPM, ROI, ROE dan PER efek signifikan untuk penghasilan prediksi yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-19
How to Cite
NAPITUPULU, Rina Dameria. DETERMINASI RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 115-120, may 2019. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/96>. Date accessed: 20 apr. 2024.