PENGARUH PERAN HUMAS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA PT KERETA API INDONESIA DAOP 1 JAKARTA

  • Sugiyah Sugiyah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Chairunissa Chairunissa Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Hubungan masyarakat (humas)  memiliki peranan yang sangat strategi bagi suatu perusahaan, karena menjadi penghubung dengan pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan baik internal dan eksternal. Perusahaan kereta api yang  memiliki pengguna jasa sangat besar dari  berbagai strata masyarakat membutuhkan Humas dalam membantu memberikan pelayanan.  Peranan humas sangat dibutuhkan guna menciptakan opini publik terhadap perusahaan yang  sangat diperlukan dalam membangun dan mempertahankan citra positif. Oleh karenanya penelitian ini  dimaksudkan untuk  bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh peran Humas terhadap citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan analisa deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara,  dan kuesioner. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi nilai r = 0,460 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sedang, antara variabel X (Peran Humas) dengan variabel Y (Citra Perusahaan), hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R (Adjusted R Square) sebesar 0,212 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel independen yaitu peran humas sebesar 21,2% dan pengujian hipotesis melalui SPSS 24 diperoleh persamaan regresi Y = 19,205 + 0,739 X. 

Published
2019-05-18
How to Cite
SUGIYAH, Sugiyah; CHAIRUNISSA, Chairunissa. PENGARUH PERAN HUMAS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA PT KERETA API INDONESIA DAOP 1 JAKARTA. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 44-54, may 2019. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/89>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles