PENGAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN METODE VIGENERE CIPHER

  • Dahlan Abdullah
  • Surnihayati Surnihayati

Abstract

Aktivitas penggunaan internet, pertukaran informasi dan pengiriman pesan sudah banyak mengunakan media internet, salah satunya media email (electronic mail), namun seiring berjalannya waktu permasalahan keamanan pesan dan informasipun muncul,permasalahan keamanan informasi dalam pesan email yang sering dijumpai yaitu penyadap aktif, penyadap pasif, penipuan dan pemanipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak bersangkutan. Pada penelitian tugas akhir ini penulis ingin membuat suatu aplikasi pengamanan email dengan menggunakan metode vigenere cipher. Algortima vigenere cipher ini, yaitu metode penyandian teks alfabet dengan menggunakan deretan sandi caesar berdasarkan huruf-huruf pada kata kunci. Dari
permasalahan tersebut akan dilakukan penelitian untuk membuat suatu aplikasi yang berguna untuk mengubah pesan email yang memerlukan pengamanan agar terhindar dari penyadapan aktif seorang cracker. Pengamanan yang dilakukan yaitu menggunakan kriptografi. Dengan adanya enkripsi dan dekripsi, pesan teks biasa (plaintext) akan diubah menjadi suatu pesan yang tidak mudah dibaca (ciphertext) dengan menggunakan kunci. Sehingga, pesan akan sampai dengan aman pada penerima tanpa mengalamai perubahan isi sedikitpun dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Published
2017-12-30
How to Cite
ABDULLAH, Dahlan; SURNIHAYATI, Surnihayati. PENGAMANAN EMAIL MENGGUNAKAN METODE VIGENERE CIPHER. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-9, dec. 2017. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/8>. Date accessed: 19 sep. 2018.
Section
Articles