Analisis pentingnya inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan daya saing UMKM kerajinan gerabah dusun klipoh, Borobudur

  • Via Washlussanati Hijri Universitas Tidar
  • Hanung Eka Atmaja Universitas Tidar

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disuatu daerah mampu berperan dalam pertumbuhan ekonomi penduduk. Dusun Klipoh, Desa Karanganyar, Kabupaten Magelang terdapat UMKM yang memproduksi gerabah dengan mempunyai inovasi dan kreativitas sehingga dapat membuat kerajinan gerabah melalui memunculkan inspirasi baru yang dapat memukau para pembeli dan mampu bersaing dengan beberapa pengrajin gerabah lainnya. Di Dusun ini terdapat banyak pengrajin gerabah sehingga menjadi suatu tempat untuk mengembangkan UMKM kerajinan gerabah dan juga menjadi sebuah wisata edukasi untuk wisatawan asing dan wisatawan lokal. Penelitian memiliki tujuan guna menganalisis pentingnya inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan daya saing UMKM gerabah di Dusun Klipoh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan dilakukan tanya jawab, pemantauan, dan studi kepustakaan.  Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa UMKM kerajinan gerabah di Dusun Klipoh berhasil menumbuhkan inovasi dan kreativitas pengrajin, maka dari itu mampu mewujudkan model gerabah yang baru dan dapat meninggikan tingkat persaingan dalam penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Via Washlussanati Hijri, Universitas Tidar

Program Studi Manajemen (S1), Fakultas Ekonomi

Hanung Eka Atmaja, Universitas Tidar

Departemen Manajemen (S1) Fakultas Ekonomi

References

[1] Bunga, A. dan H. M. Hermansyur. (2019). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM di Kota Medan. Jurnal Manajemen Tools. 7(1), 1-9
[2] Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi Dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi dan Kreativitas). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol 20(2), 142-149.
[3] Hadiyati, Ernani. (2012). Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol 1(3), 135-151.
[4] Hendrawan, Andi., Kuswantoro, Ferri., & Hari Sucahyawati. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal HUMMANS (Humaniora, Manajemen, Akuntansi). Vol 2(1). https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.194
[5] Maesaroh, Syti Sarah., Hermawan, Adam., & Azizah Fauziyah. (2017). Analisis Faktor Penentu Daya Saing UMKM Batik Kota Tasikmalaya. Conference of Inovation and Application of Science and Technology (Ciastech). 69-76.
[6] Munthe, Reny Tri Juni., Rahadi, Dedi Rianto. (2021). Inovasi dan Kreativitas UMKM Di Masa Pandemi (Studi Kasus Di Kabupaten Bekasi). Jurnal Magisma. 9(1).
[7] Suci, Yuli Rahmini. (2018). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonoms. Vol 51-58.
[8] Suhaeni, Titin. (2018). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. Vol 4(1), 57.
[9] Takhim, Muhamad., Meftahudin. (2018). Analisis Pengaruh Modal Usaha, Kreativitas, dan Daya Saing Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus Pada Bengkel Las di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech). Vol 1(1), 65-73.
[10] Wibowo, Hendika Dimas., Arifin, Zainul., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 29(1).
Published
2022-05-01
How to Cite
HIJRI, Via Washlussanati; ATMAJA, Hanung Eka. Analisis pentingnya inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan daya saing UMKM kerajinan gerabah dusun klipoh, Borobudur. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 459-463, may 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/787>. Date accessed: 30 june 2022. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.787.