Implementasi multiple regression dalam Daya tarik celebrity endorser, kualitas produk, komentar pelanggan terhadap Keputusan pembelian

  • Yunia Mulyani Azis STIE Ekuitas
  • A. Mifta Haerat STIE Ekuitas-Bandung
  • Moechammad Sarosa Politeknik Negeri Malang

Abstract

Persaingan penjualan didunia online makin pesat terlebih di masa pandemik, para pelaku usaha dituntut untuk terus mengembangkan inovasi penjualan.  Selain itu pandemik juga berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Tentunya banyak yang melatar belakangi sikap atau perilaku masyarakat dalam hal ini konsumen ketika mengambil keputusan dalam melakukan pembelian, diantaranya daya tarik celebrity endorser dan kualitas produk yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model multiple regression dalam menganalisis hubungan dan pengaruh daya tarik Celebrity Endorser, pengaruh kualitas produk, dan pengaruh komentar pelanggan berkontribusi pada keputusan pembelian studi kasus pada pengguna Instagram Shakila Woman Wear. Instrumen penelitian berupa kuisioner yang disebarkan melalui Google Form, populasi berasal dari pengguna aplikasi Instagram selaku konsumen atau pelanggan yang melakukan pembelian produk dan menggunakan produk Shakila Woman Wear. Sample dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan pelanggan pengguna Instagram Shakila Woman Wear. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan daya tarik celebrity endorser, kualitas produk, serta komentar pelanggan berpengaruh kepada keputusan pembelian. Namun secara parsial daya tarik yang dimiliki celebrity endorser tidak berpengaruh kepada keputusan pembelian, disisi lain kualitas produk dan komentar pelanggan berpengaruh kepada keputusan pembelian di Shakila Woman Wear.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sa’ud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung
[2] Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
[3] Gupta, R.N, Kishore, N., & Verma, D. (2017), Celebrity Endorsements in Advertising: Impact on Consumers’Perception, Attitude and Purchase Intention. Australian Journal of Business and Management Research New South Wales Research Centre Australia (NSWRCA) 5(3), 4. ( http://www.ajbmr.com Diunduh pada 12 November 2021)
[4] Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
[5] Rizaldi, A. (2017), Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Cosmetic Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Hal 6. ( https://repository.uinjkt.ac.id/ Diunduh pada 14 November 2021)
[6] Novianti, T. A. (2020), Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pixy. Jurnal Manajemen dan Bisnis (PRAGMATIS) 1(1) Maret, Hal 44. ( https://journal.uwks.ac.id/ Diunduh pada 14 November 2021)
[7] Putri, E.S. (2019), Pengaruh Rating dan Online Customer Riview Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Marketplace Shopee, Skripsi:Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Hal 67-68. (https://digilibadmin.unismuh.ac.id/ Diunduh 20 November 2021)
[8] Kevin. (2018), Pengaruh Customer Riview Terhadap Keputusuan Pembelian Pada Situs Tokopedia .Skripsi: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Katolik Parahyangan. Hal 89-90. (https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/6405 Diunduh pada 21 Desember 2021)
[9] Ramadhani R, dan Samofa P. (2020), Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Pembelian Fesyen Muslim HIJUP. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). Hal 15. (file:///Users/recharge/Downloads/9086-23103-1-PB.pdf Diunduh pada 21 Desember 2021)
[10] Aulia, T. (2021,. Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Hijab hanum_id (Studi Kasus pada Media Sosial Instagram di Akun Instagram @dwihandaanda). Jurnal Universitas 17 Agustus 1945, Hal 8. (http://repository.untag-sby.ac.id/. Diunduh pada 13 November 2021)
Published
2022-05-01
How to Cite
AZIS, Yunia Mulyani; HAERAT, A. Mifta; SAROSA, Moechammad. Implementasi multiple regression dalam Daya tarik celebrity endorser, kualitas produk, komentar pelanggan terhadap Keputusan pembelian. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 387-395, may 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/777>. Date accessed: 30 june 2022. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.777.