Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Produk Pt Serambi Botani Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik umum konsumen, mengidentifikasi aspek atribut produk yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen, menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja terhadap atribut produk, dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru dengan menggunakan metode studi kasus dan teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling. Sampel didapat sebanyak 147 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, Importance-Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru sebagian besar konsumen merupakan perempuan. Aspek atribut produk yang dianggap paling baik kinerjanya oleh konsumen adalah Merek. Hasil dari analisis IPA terdapat tiga atribut yang berada pada kuadran I (prioritas utama), terdapat enam atribut pada kuadran II (pertahankan prestasi), terdapat lima atribut pada kuadran III (prioritas rendah), dan terdapat empat atribut pada kuadran IV (Berlebihan). Hasil dari CSI dapat diketahui bahwa nilai CSI adalah sebesar 82,25 %, yang berarti para konsumen telah sangat puas terhadap kinerja atribut produk di Gerai Serambi Botani Mal Ska Pekanbaru.
Downloads
References
[2] Ikram, Muhammad, Sanusi AM., Ansar. (2015). “Hubungan Tingkat Pendapatan dengan Tingkat Konsumsi Masyarakat di Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa”. Jurnal Ekonomi. 11(1).
[3] Japutra, Arnold. (2008). “Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Konsumen: Kasus Jartu Prabayar Xl Bebas”. Thesis. Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.
[4] Kotler, dan Amstrong. (2001). “Prinsip-Prinsip Pemasaran”. Erlangga, Jakarta.
[5] Kunto, Yohanes Sondang. (2014). “Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2(1): 1-8.
[6] Megasari, Tri, Ita Novita dan Arti Yoesdiarti. (2015). “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Bel Mart Bogor”. Jurnal AgribiSains. 1(1).
[7] Pohandry, A., dkk. (2013). “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis”. Jurnal REKAVASI. 21-29.
[8] Rangkuti, Freddy. (2003). “Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Edisi pertama. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[9] Riduwan, Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis”. Cetakan Ke-4. Alfabeta, Bandung.
[10] Sumarwan, Ujang. (2011). “Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.
[11] Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
[12] Supranto. (2011). “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar (cetakan keempat)”. PT Rineka Cipta Sukardi & C. Chandrawatisma, Jakarta.
[13] Tjiptono, F. (2014). “Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian”. Andi, Yogyakarta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.