Pemilihan metode pembelian tiket oleh pengunjung taman impian jaya ancol pada laman www.ancol.com

  • Martua Hami Siregar Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Taman Impian Jaya Ancol salah satu wahana hiburan yang berada di Provinsi DKI Jakarta. Ancol memiliki berbagai fasilitas yang menarik untuk dikunjungi. Pada masa pandemi ini Taman Impian Jaya Ancol sudah buka untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pengelola menerapkan protokol kesehatan dengan cara meminimalisir kerumunan orang pada saat pembelian tiket. Pelanggan yang ingin mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol harus melakukan pemesanan tiket maksimal sehari sebelumnya pada website yang tersedia. Pelanggan dapat memesan tiket dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia yaitu BCA Virtual Account, Mandiri Virtual Account, BNI Virtual Account dan Pembayaran bank lainnya. Metode pembayaran dengan berbagai macam kriteria ini terkadang menyulitkan pelanggan dalam proses pembayaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan membantu pelanggan dalam memilih metode pemesanan dan pembayaran tiket masuk ke wahana hiburan Taman Impian Jaya Ancol. Penelitian menggunakan metode TOPSIS yaitu metode yang digunakan untuk mencari dan memilih kriteria sesuai dengan solusi ideal yang paling baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dapat memilih metode pembayaran BCA Virtual Account karena kemudahan akses, fleksibilitas, tersedia setiap saat dan dimiliki oleh pelanggan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Martua Hami Siregar, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

References

[1] S. Annisa Putri and A. Haris, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat (E-Ticketing) Pada Pt.Ceria Abadi Berbasis Web,” J. Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 27–41, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimsi/article/view/990.
[2] Hylenarti Hertyana, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan terbaik menggunakan metode saw studi kasus amik mahaputra riau,” Intra-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 74–82, 2018, [Online]. Available: https://www.journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/27.
[3] A. A. Chamid, “Prioritas Kondisi Rumah,” J. Simetris, vol. 7, no. 2, pp. 537–544, 2016.
[4] H. Widjaja and R. I. Desanti, “Decision Support System for Home Selection in South Tangerang City Using TOPSIS Method,” IJNMT (International J. New Media Technol., vol. 7, no. 2, pp. 76–81, 2020, doi: 10.31937/ijnmt.v7i2.1300.
[5] E. T. Alawiah and S. Susilowati, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Vending Machine Dengan Metode TOPSIS Studi Kasus PT . KAI Commuter Jabodetabek,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 256–261, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/4666.
[6] S. Mallu, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis,” J. Ilm. Teknol. dan Inf. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 36–42, 2015.
[7] D. R. M and S. R. Wicaksono, “, Soetam Rizky Wicaksono 1 1 2,” vol. 3, no. 2, pp. 81–88, 2017.
[8] B. A. Benning, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Perangkat Komputer Dengan Metode Topsis (Studi Kasus: Cv. Triad),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 1, 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.183.
[9] A. N. Fitriana, H. Harliana, and H. Handaru, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 153, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.45.
[10] D. R. Sari, A. P. Windarto, D. Hartama, and S. Solikhun, “Decision Support System for Thesis Graduation Recommendation Using AHP-TOPSIS Method,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.14710/jtsiskom.6.1.2018.1-6.
[11] D. Pujotomo, M. A. Umaindra, and P. A. Wicaksono, “Perancangan Model Pemilihan Supplier Produk Cetakan Dengan Menggunakan Grey Based Topsis (Studi Kasus: Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang),” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 13, no. 2, p. 99, 2018, doi: 10.14710/jati.13.2.99-108.
[12] N. D. Prasongko and R. Gernowo, “Metode Quality Function Deployment Dan Fuzzy Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perusahaan Penyedia Jasa Internet,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 137–144, 2015, doi: 10.21456/vol5iss2pp137-144.
[13] P. A. W. Santiary, P. I. Ciptayani, N. G. A. P. H. Saptarini, and I. K. Swardika, “Jurnal Pengertian Topsis,” vol. 5, no. 5, pp. 621–628, 2018, doi: 10.25126/jtiik2018551120.
[14] E. T. Alawiah and D. A. Putri, “Implementasi Metode TOPSIS Pada Penerima Bantuan Sosial Akibat Covid19 di Desa Kota Batu Ciomas Bogor,” J. Sains Komput. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 72–82, 2021, [Online]. Available: https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/299.
Published
2022-02-01
How to Cite
SIREGAR, Martua Hami. Pemilihan metode pembelian tiket oleh pengunjung taman impian jaya ancol pada laman www.ancol.com. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 162-169, feb. 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/687>. Date accessed: 19 may 2022. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i1.687.