Efek Informasi Khasiat Madu Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Madu Pengganti Obat Sirup

  • Pramelani Pramelani Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Fenomena penarikan obat sirup oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang disinyalir dapat mengakibatkan penyakit gagal ginjal akut menjadi informasi yang banyak disorot oleh masyarakat dikarenakan penggunaan obat-obat tersebut yang banyak dikonsumsi. Masyarakat pun juga menjadi bingung jika terjadi sakit pada anggota keluarganya dan membutuhkan obat sirup tersebut dimana di satu sisi oleh pemerintah tidak boleh dipergunakan. Dengan maraknya berita tersebut kemudian bermunculan informasi yang berisi tentang khasiat madu sebagai pengganti obat sirup. Peneliti menjadi tertarik terhadap informasi tersebut apakah dengan adanya informasi itu dapat membawa efek kepada konsumen untuk berminat membeli produk madu sebagai pengganti obat sirup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui google form yang berisi berbagai pertanyaan terbuka dan tertutup dimana disebarkan ke informan yang sudah berkeluarga dan tinggal di daerah DKI Jakarta. Data tersebut diolah dan hasilnya menunjukkan bahwa dari efek informasi khasiat madu, konsumen memiliki minat beli produk madu pengganti obat sirup yang dianggap lebih aman. Konsumen menunjukkan akan memilih madu yang berkualitas meskipun harganya mahal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Rokom, “Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Meningkat, Orang Tua Diminta Waspada,” Sehat Negeriku, 2022. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20221017/3141288/kasus-gagal-ginjal-akut-pada-anak-meningkat-orang-tua-diminta-waspada/
[2] I. G. Oswaldo, “Profil Perusahaan Produsen 5 Obat Sirup yang Ditarik BPOM,” detik finance, 2022. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6365267/profil-perusahaan-produsen-5-obat-sirup-yang-ditarik-bpom
[3] N. S. S. K, “PDPOTJI Bagikan Ramuan Herbal Pengganti Obat Sirup, Anti Pahit-Mudah Didapat!,” detik.com, 2022. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6360511/pdpotji-bagikan-ramuan-herbal-pengganti-obat-sirup-anti-pahit-mudah-didapat
[4] A. B. Prass, “Stop Dulu Obat Sirup, Madu Alami Ternyata Mustajab Sembuhkan Batuk Pada Anak,” krjogja.com, 2022. https://www.krjogja.com/angkringan/read/477906/stop-dulu-obat-sirup-madu-alami-ternyata-mustajab-sembuhkan-batuk-pada-anak
[5] A. Purwanto, Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori dan Contoh Praktis, Pertama. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.
[6] R. Abdillah and Alsukri, “Manajemen Strategi Komunikasi Pemasaran WaroengBaper Pekanbaru,” J. Commun. Organ., vol. 1, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://journal.rc-communication.com/index.php/JCMO/article/view/8/7
[7] H. Saputra and M. R. Kaharudin, “Analisa Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Adl Islam. Econ., vol. 2, no. 2, 2021, doi: https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.31.
[8] A. S. Nurmuslimah and A. Sosianika, “Efek Komunikasi Media Sosial pada Persepsi Konsumen dan Niat Beli: Studi Terhadap Akun Resmi Merek di LINE,” 2019. doi: https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1491.
[9] G. Arianti, “Exposure Berita Terhadap Minat Pariwisata Lombok Pasca Gempa,” Wacana, vol. 18, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/723/460
[10] H. N. Rokhmawati, H. Kuncorowati, and L. Supardin, “Pengaruh Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy di Yogyakarta,” J. Ilm. Hosp., vol. 11, no. 1, 2022, [Online]. Available: Minat beli merupakan hasrat yang ada dalam diri konsumen terhadap produk tersebut untuk dikonsumsi.
[11] Ika Nur Khikmatul Aini, R. . Marlien, and A. R. Riva’i, “Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Konsumen, dan Word of Mouth Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen KFC di Kota Semarang),” J. Mirai Manag., vol. 7, no. 2, 2022, doi: 10.37531/mirai.v7i2.2107.
Published
2022-11-05
How to Cite
PRAMELANI, Pramelani. Efek Informasi Khasiat Madu Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Madu Pengganti Obat Sirup. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 6, n. 4, p. 941-948, nov. 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/676>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i4.676.