Penerapan Model Ahp Untuk Pemilihan Belanja Pada Toko On Line

  • Ridwan Maulana Universitas Nusa Mandiri
  • Latifah Fitri Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Toko belanja on line saat ini sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari hari di era kemajuan teknologi saat ini, terlebih dengan adanya pandemik yang belum juga merda menjadikan belanja on line sebagai solusi untuk tetap aman dalam belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.. Semakin terlalu banyak toko belanja online yang menjual kebutuhan barang dan jasa maka semakin menambah persaingan antara penyedia layanan marketplace dan tidak menutup kemungkinan semakin mebuat pembeli bingung untuk menentukan toko belanja on line yang nama dan bagaimanakan yang memliki keamanan dan kenyamanan serta kepercayaan dalam melakukan transaksi belanja. Dengan adanya permasalahan inilah maka  dibuatlah sebuah penelitian atau perbandingan untuk menentukan pemilihan sebuah toko belanja online yang paling banyak dikunjungi dan diminati oleh para pengguna jasa toko belanja online. Penelitian ini yang dilakukan ini dengan menggunakan metode Analitycal hierarchy process (AHP). Analitycal hierarchy process (AHP) adalah merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L.saaty. Model keputusan ini menguraikan masalah multi kriteria yang kompleks menjadi suatu struktur hirarki. Hirarki didfinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level. Level pertama adalah tujuan, level kedua kriteria,sub kriteria dan level ketiga adalah alternatif. Dengan hirarki, masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok – kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hierarki , sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis. Dari hasil penelitian ini didapatkan toko belanja on line yang banyak dikunjungi dan diminati oleh pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ridwan Maulana, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi

Latifah Fitri, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi

References

1. Anshori, M., & Iswati, S. (2009). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
2. Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa, 8(1), 37. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569
3. Bruno, L. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling. Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan, 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/154/125
4. Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.
5. Herman Firdaus, I., Abdillah, G., Renaldi, F., & Jenderal Achmad Yani Jl, U. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2016(Sentika), 2089–9815.
6. Hermawan, H. (2017). Sikap Konsumen Terhadap Belanja Online. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 136. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.6
7. Khoiriyah, S., Yunita, Y., & Junaidi, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Crew Store Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching di PT Sumber Alfaria Trijaya. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 2(2), 27. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v2i2.668
8. Masitha, Hartama, D., & Wanto, A. (2018). Analisa Metode (AHP) Pada Pembelian Sepatu Sekolah Berdasarkan Konsumen. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 338–342. Retrieved from http://seminar-id.com/semnas-sensasi2018.htmlPage%7C338
9. Matsumoto, A., & Odani, T. (1999). Topochemical polymerization of 1-naphthyl-methylammonium muconate and sorbate as the (E, E)-diene monomers in the crystalline state. American Chemical Society, Polymer Preprints, Division of Polymer Chemistry, 40(2), 305–306.
10. Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
11. Muslimin, Mauko, A., & Sugiartawan, P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dalam Pemilihan Saham Indeks LQ 45 Menggunakan Metode AHP, Promethee dan Borda. Sistem Informasi Dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), 1(1), 1–10.
12. Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2017). Sistem Informasi Populasi dan Historikal Unit Alat-Alat Berat Pada PT . Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia. Jurnal Peneltian Dosen FIKOM (UNDA, 6(2), 1–6.
13. Sudjiman, P. E., & Sudjiman, L. S. (2020). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. TeIKa, 8(2), 55–66. https://doi.org/10.36342/teika.v8i2.2327
14. Wijaya, P. (2016). Perancangan Sistem Pengolahan Kuesioner Penggunaan Laboratorium Stikom Bali. Jurnal Sistem Dan Informatika, 10(2), 128–136. Retrieved from http://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/73
15. Yulyana, E., Si, M., & Ap, M. (2016). Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( Bum Desa ) Berbasis Ekonomi Kerakyatan Di Desa Warungbambu Kecamatan Karawang, 1(2), 31–42.
Published
2022-02-01
How to Cite
MAULANA, Ridwan; FITRI, Latifah. Penerapan Model Ahp Untuk Pemilihan Belanja Pada Toko On Line. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-10, feb. 2022. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/643>. Date accessed: 19 may 2022. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i1.643.