ANALISA DAN TINDAKAN PERBAIKAN DARI HASIL AUDIT SERTIFIKASI ISO 9001:2015 DENGAN TAMBAHAN KONTEN ORGANIZATION CONTEXT DAN RISK BASED THINKING DI INSTITUT ABC

  • Wiwiet Prihatmadji Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta

Abstract

Proses audit sertifikasi ISO 9001:2015  telah dilaksanakan pada tanggal 22 -24 Januari 2018 untuk Jenjang Sarjana (S1), Pasca Sarjana (S2) dan Diploma Tiga (D3) dengan hasil temuan berupa sembilan belas klasifikasi klausul temuan ketidaksesuaian, dan lima puluh lima kasus temuan. Temuan ketidaksesuaian terhadap klausul 8.5.1   dengan sembilan kasus sebagai indikasi kurangnya kontrol terhadap proses dan pelayanan pelanggan, Selanjutnya adalah ketidaksesuai terhadap klausul 8.5.3   yang terjadi enam kasus sebagai indikasi kurangnya penjagaan terhadap kepemlilikan pelanggan , berikutnya terdapat empat temuan ketidaksesuaian terhadapa klausul 9.2  sebagai indikiasi kurang konsistennya proses auidt internal, kemudian terdapat tiga temuan ketidaksesuain terhadap Klausul 7.1.3  menunjukkan kurangnya efektifnya pemeliharaan aset ICT, temuantemuan berikutnya sebagai inconsistensy terhadap rekaman yang tetap diperhatikan sebagai peluang perbaikan organisasi. Khusus Temuan Klausul Konteks Organisasi, terjadi pada tiga klausul, satu klausul 4.1 sebagai temuan dokumen yang tidak lengkap, sedangkan dua klausul 4.2  dan 4.4 merupakan temuan rekaman dengan akar pnyebabnya berupa  inconsitency terhadap pelaksanaan prosedur dengan perbaikan bahwa organisasi menjalankan proses audit inernal dengan menjaga konsistensi sesuai prosedur yang berlaku. Sedangkan Temuan Klausul Pemikiran Berbasis Resiko terjadi pada klausul 6.1 sebagai temuan dokumen dengan akar penyebabnya  pada Panduan Mutu organisasi hanya menerangkan secara garis besar tentang konteks organisasi, tidak berisi rincian secara jelas mengenai issue internal eksternal, potensi resiko dan perubahan manajemen organisasi seperti yang dipersyaratkan oleh ISO 9001:2015. Tindakan perbaikannya bahwa organisasi menerangkan dengan jelas mengenai issue, potensi resiko dan perubahan manajemen organisasi sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015. 

Published
2018-11-30
How to Cite
PRIHATMADJI, Wiwiet. ANALISA DAN TINDAKAN PERBAIKAN DARI HASIL AUDIT SERTIFIKASI ISO 9001:2015 DENGAN TAMBAHAN KONTEN ORGANIZATION CONTEXT DAN RISK BASED THINKING DI INSTITUT ABC. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 64-76, nov. 2018. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/58>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles