Perkembangan e-commerce untuk usaha kecil
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan e-commerce untuk usaha kecil. E-commerce merupakan salah satu inovasi dunia bisnis yang dapat memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi bisnis khususnya jual beli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh dan membantu mengembangkan usaha kecil. Seiring dengan perkembangan sistem elektronik berbasis internet yang semakin canggih, pengguna e-commerce pun akan semakin meningkat. Namun, menggunakan e-commerce memiliki kekurangan dan kelebihan. E-commerce hadir untuk memberikan kemudahan dalam berbisnis di dunia maya bagi para pemilik usaha, termasuk pemilik usaha kecil. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian besar pelaku usaha kecil telah terbantu dengan melakukan penjualan melalui e-commerce. Oleh karena itu, e-commerce merupakan layanan yang dapat membantu perkembangan suatu bisnis.
Downloads
References
[2] Kabugumila, M. S., Lushakuzi, S., & Mtui, J. E. 2016. E-commerce: an overview of adoption and its effective implementation. International Journal of Business and Social Science, 7(4), p. 243.
[3] Agus, A. A., Yudoko, G., Mulyono, N., & Imaniya, T. 2020. E-commerce Platform Performance, Digital Marketing and Supply Chain Capabilities. International Research Journal of Business Studies, 13(1), pp. 63-80.
[4] Setiawan, A., Maratno, S. F. E., Rahayu, P. A., & Dewanti, M. P. R. P. 2019. Stakeholder Analysis on Indonesian E-Commerce Taxation. International Research Journal of Business Studies, 12(3), pp. 277-288.
[5] Soegoto, E. S., & Eliana, E. 2018. E-Commerce and Business Social Media Today. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 407(1), p. 012034. IOP Publishing.
[6] Jameel, A. S., & Ahmad, M. A. A. 2018. Determine some factors that affect to adoption of e-commerce among small and medium enterprises in Erbil. Polytechnic Journal, 8(1).
[7] Thabit, T. H., Raewf, M. B., Abdulrahman, O. T., & Younis, S. K. 2016. The Adoption of E-commerce in SMEs A case study on a sample of Iraqi enterprises. International Journal of Latest Research in Engineering and Technology, 2(6), pp. 38-46.
[8] Awiagah, R., Kang, J., & Lim, J. I. 2016. Factors affecting e-commerce adoption among SMEs in Ghana. Information Development, 32(4), pp. 815-836
[9] Barhatov, V., Campa, A., & Pletnev, D. 2018. The impact of Internet-technologies development on small business success in russia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 238, pp. 552-561.
[10] Hendrawan, A., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. 2018. E-commerce in small and medium enterprises (smes) in order to improve performance. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 4(2), pp. 208-215.
[11] Setiawan, A., Maratno, S. F. E., Rahayu, P. A., & Dewanti, M. P. R. P. 2019. Stakeholder Analysis on Indonesian E-Commerce Taxation. International Research Journal of Business Studies, 12(3), pp. 277-288.
[12] Handayani, T., & Novitasari, A. 2020. Digital Wallet as a Transaction Media in The Community. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 879(1), p. 012001. IOP Publishing.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.