Desain website untuk pariwisata

  • Surtikanti Surtikanti Universitas Komputer Indonesia
  • Ronny Rinaldo Saputra Universitas Komputer Indonesia
  • Fahry Rulyan Pernanda Universitas Komputer Indonesia
  • Herry Saputra Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengembangkan sistem komunikasi iklan jasa agen perjalanan domestik pada Visit Belitung Tour melalui media online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen dan observasi dengan memeriksa arsip foto dan jurnal untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang paket wisata dan pemasaran mereka. Populasi penelitian ini adalah biro perjalanan wisata di Indonesia. Oleh karena itu, pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling didapatkan sampel agen perjalanan wisata di Pulau Jawa. Kami menggunakan analisis SWOT dalam penelitian ini untuk menganalisis data yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem komunikasi digital biro perjalanan terhadap penggunaan media internet dengan sistem komunikasi layanan biro perjalanan melalui internet yang akan berdampak pada pendapatan pelaku usaha biro perjalanan. Studi ini menunjukkan bahwa pengembangan sistem komunikasi bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi yang baik dan meningkatkan pendapatan pelaku usaha biro perjalanan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Visit Belitung Tour sebagai Agen Perjalanan perlu menambah varian paket wisata agar lebih tertarik mengunjungi website Visit Belitung Tour.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Surtikanti Surtikanti, Universitas Komputer Indonesia

Departemen Akuntansi

Ronny Rinaldo Saputra, Universitas Komputer Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi

Fahry Rulyan Pernanda, Universitas Komputer Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi

Herry Saputra, Universitas Komputer Indonesia

Departemen Sistem Akuntansi

References

[1] Pan, Y., Torres, I. M., & Zúñiga, M. A. 2019. Social media communications and marketing strategy: A taxonomical review of potential explanatory approaches. Journal of Internet Commerce, 18(1), pp. 73-90.
[2] Soegoto, E. S. 2014. Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia, 12. pp. 234-345.
[3] Tsimonis, G. & Dimitriadis, S. 2013. Brand strategies in social media
[4] Dolnicar, S., & Laesser, C. 2007. Travel agency marketing strategy: Insights from Switzerland. Journal of Travel Research, 46(2), pp. 133-146.
[5] Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. 2014. Digital marketing and social media: Why bother? Business horizons, 57(6), pp. 703-708.
[6] Syaha, R. A., Cahyono, H. B., & Sib, M. “Strategi Pemasaran Diva Tour Dalam Menghadapi Agent Travel Online”
[7] Zhang, Z. 2004. Organizing customers: Japanese travel agencies marketing on the internet. European Journal of Marketing. 38, pp. 1294 – 1303
[8] Law, R., Leung, K., & Wong, R. 2004. The impact of the internet on travel agencies. International journal of contemporary hospitality management.
[9] Berthon, P. R., Pitt, L. F., Plangger, K., & Shapiro, D. 2012. Marketing meets Web 2.0, social media, and creative consumers: Implications for international marketing strategy. Business horizons, 55(3), pp. 261-271.
[10] Kotler, P., & Armstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga. Edisi 13 Jilid 1.
Published
2021-08-10
How to Cite
SURTIKANTI, Surtikanti et al. Desain website untuk pariwisata. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 5, n. 3, p. 613-618, aug. 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/475>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.475.

Most read articles by the same author(s)