Platform Berbasis Web untuk Usaha Kecil Menengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat website untuk memperkenalkan produk mulai dari varian, keunggulan, dan lain-lain tentang produk tersebut melalui website. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif berdasarkan data dan prinsip analisis hubungan sosial, mendeskripsikan fakta atau pengalaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis website dan strategi komunikasi produk tersebut dengan melihat kekuatan dan kelemahan pemasaran melalui website dan menganalisis sistem komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh penjual untuk mendukung strategi pemasaran toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pemasaran melalui website dan menganalisis sistem komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh penjual untuk mendukung strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kios (Toko Online) berbentuk website merupakan salah satu media penjual untuk memasarkan produknya guna meningkatkan hasil dan kualitas penjualan.
Downloads
References
[2] Mackay, D., & Zundel, M. 2017. Recovering the divide: a review of strategy and tactics in business and management. International Journal of Management Reviews, 19(2), pp. 175-194.
[3] Kristiyanti, M., & Rahmasari, L. 2015. Website sebagai media pemasaran produk-produk unggulan umkm di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), pp. 186-196.
[4] Susilo, M. 2018. Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 2(2) pp. 98-105.
[5] Jauhari, J. 2010. Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1) pp. 1-12.
[6] Lesmana, I. P. D., Widiawan, B., & Hartadi, D. R. 2019. Pengembangan pemasaran online kerajinan anyaman bambu antirogo Jember melalui media internet. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1).
[7] Chrisantus T. 2018. Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT. 12(1) pp. 13.
[8] Soegoto, E. S., & Luckyardi, S. 2020. Computerized Entrepreneurship Education–Special Review on Life Quality in Digital Era. In Journal of Physics: Conference Series, 1477(3), pp. 032017.
[9] Mulyana, A., Rusmana, D., & Rafdhi, A. A. 2021. Application platform for e-reservation system in traditional show. In Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), p. 012197.
[10] Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), pp. 43-43.
[11] Dunlop, S., Freeman, B., & Jones, S. C. 2016. Marketing to youth in the digital age: The promotion of unhealthy products and health promoting behaviours on social media. Media and Communication, 4(3), pp. 35-49.
[12] Wilson, V., & Makau, C. 2018. Online marketing use: small and medium enterprises (SMEs) experience from Kenya. Orsea Journal, 7(2).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.