E-commerce dalam usaha kecil dan menengah

  • Tatik Fidowaty Universitas Komputer Indonesia
  • Rizki Ikhwan Insani Universitas Komputer Indonesia
  • Andri Hadiansah Universitas Komputer Indonesia
  • Raiswati Untsa Mega Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran penting Electronic Commerce (E-commerce) dalam memasarkan suatu bisnis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Dilakukan dengan mendeskripsikan jawaban responden untuk memperoleh informasi terkait investigasi, seperti jenis produk, proses bisnis, dan proses pemasaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem E-commerce dapat menjadi strategi yang akan meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa perkembangan teknologi pemanfaatan e-commerce menjadi penting dan dibutuhkan dalam proses bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tatik Fidowaty, Universitas Komputer Indonesia

Departemen Ilmu Pemerintah

Rizki Ikhwan Insani, Universitas Komputer Indonesia

Program Studi Sistem Informasi

Andri Hadiansah, Universitas Komputer Indonesia

Program Studi Ilmu Komunikasi

Raiswati Untsa Mega, Universitas Komputer Indonesia

Program Studi Sastra Inggris

References

[1] Rakanita, Amanda Mastisia 2019. Pemanfaatan E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Kecamatan Karang tengah Kabupaten Demak
[2] Savrul, M., Incekara, A., &Sener, S. 2014. The potential of e-commerce for SMEs in a globalizing business environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 150, pp. 35-45
[3] Sin, K. Y., Osman, A., Salahuddin, S. N., Abdullah, S., Lim, Y. J., & Sim, C. L. 2016. Relative advantage and competitive pressure towards implementation of e-commerce: Overview of small and medium enterprises (SMEs). Procedia Economics and Finance, 35, pp. 434-443.
[4] M. K. Alrousan and E. Jones, 2016. A conceptual model of factors affecting e-commerce adoption by SME owner/managers in Jordan. International Journal of Business Information Systems, 21, pp. 269-308.
[5] F. Herzallah and M. Mukhtar, 2015. The Impact of Internal Organization Factors on the Adoption of E-commerce and its Effect on Organizational Performance among Palestinian Small and Medium Enterprise. International Conference on E-Commerce (ICoEC) 2015, 20-22 Oktober 2015, Kuching, Sarawak, MALAYSIA.
[6] Abebe, M. 2014. Electronic commerce adoption, entrepreneurial orientation and small-and medium-sized enterprise (SME) performance. Journal of small business and enterprise development.
[7] G. Schneider, 2015. Electronic Commerce, 11th ed. California State University.
[8] Ueasangkomsate, P. 2015. Adoption e-commerce for export market of small and medium enterprises in Thailand. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 207, pp. 111-120.
[9] Mbatha, B. 2013. Exploring the potential of electronic commerce tools in South African SME tourism service providers. Information Development, 29(1), pp. 10-23.
[10] Alamro, S., &Tarawneh, S. A. 2011. Factors affecting e-commerce adoption in Jordanian SMEs. European journal of scientific research, 64(4), pp. 497-506
Published
2021-08-10
How to Cite
FIDOWATY, Tatik et al. E-commerce dalam usaha kecil dan menengah. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 584-589, aug. 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/469>. Date accessed: 20 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.469.