PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI PEMESANAN TIKET BUS PARIWISATA PT FITRI TRANS ABADI

  • Nurkholis Nurkholis Universitas Indraprasta PGRI
  • Thomas Afrizal Universitas Indraprasta PGRI
  • Asri Budiarto Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Dalam melakukan kegiatannya perusahaan menginginkan kemajuan untuk perusahaan, salah satunya dengan peningkatakan kinerja perusahaan melaui efisiensi dan efektivitas kerja. Selain itu perusahaan juga ingin meminimalisir kekurangan pada kegiatan bisnis mereka dengan memperbarui atau memperbaiki sistem yang ada. Pada kajian ini, perancangan sistem administrasi pemesanan tiket bus pariwisata PT Fitri Trans Abadi dapat relevan dengan sistem yang bertujuan untuk mengatasi masalah administrasi perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode research and development (R and D). Dalam merancang sistem administrasi ini peneliti menggunakan alat bantu perancangan sistem, yaitu Diagram Alir Data (DAD). Peneliti menggunakan bahasa pemrograman Java dan database MySQL dalam merancang program aplikasi sistem administrasi pemesanan tiket bus pariwisata. Hasil dari penelitian ini adalah sistem administrasi pemesanan tiket bus pariwisata yang dapat membantu petugas dalam mengelola data penumpang dan pembayaran serta operasional bus secara lebih baik. Sistem administrasi pemesanan tiket bus pariwisata ini juga dapat mempermudah perhitungan pembayaran secara akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurkholis Nurkholis, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Thomas Afrizal, Universitas Indraprasta PGRI

Program Stud Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Asri Budiarto, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

References

[1] S. Rizky, Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi, 2011.
[2] D. Darmawan and K. Nur Fauzi, Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdakarya, 2013.
[3] Hanafi, “Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Laba Pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep,” J. Capacit. STIE AMKOP, 2017.
[4] T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2012.
[5] A.-B. Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Published
2021-02-21
How to Cite
NURKHOLIS, Nurkholis; AFRIZAL, Thomas; BUDIARTO, Asri. PERANCANGAN SISTEM ADMINISTRASI PEMESANAN TIKET BUS PARIWISATA PT FITRI TRANS ABADI. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 84-93, feb. 2021. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/343>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i1.343.