ANALISIS PENGARUH PEURBAHAN SUKU BUNGA KREDIT PERBANKAN DAN INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK JAKARTA

  • Eduardus Hena Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh  suku bunga kredit perbankan dan inflasi terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG).  Untuk mencapai tujuan tersebut maka  dilakukan pengumpulan data sekunder dilanjutkan dengan mengolah data untuk memformulasi model regresi liner berganda. Uji hiptesis dilakukan   dengan uji t untuk menguji secara parsial pengaruh suku bunga kredit prebankan dan inflasi tehadap IHSG, dan uji F untuk menguji pengaruh tersebut secara simultan dengan  tingkat kepercayaan 95 persen.  Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara parsial suku bunga kredit perbankan tidak berpengaruh terhadap IHSG, sedangkan inflasi berpengaruh positif terhadap IHSG dengan  koefisien regresi  sebesar 0,431 artinya bila terjadi inflasi sebesar 1 persen maka  IHSG meningkat sebesar 0,431 persen, yang bermakna inflasi yang terjadi setiap bulan lebih rendah dari capital gain yang belum mengganggu daya beli dari keuntungan tersebut   sehingga mendorong peningkatan investasi  dalam membeli saham  yang meningkatkan IHSG.  Temuan selanjutnya adalah  secara bersama-sama suku bunga kredit perbankan dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap IHSG, sehingga  model regresi berganda  IHSG yang digunakan untuk  mempertimbangkan  transkasi  saham  adalah Y = - 0,014  - 0,46 X1  +  0, 431 X2; Y adalah IHSG,  X1 adalah suku bunga kredit perbankan dan X2 adalah inflasi.


Kata kunci: Suku bunga, inflasi, IHSG

Author Biography

Eduardus Hena, Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta

Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

Published
2020-11-17
How to Cite
HENA, Eduardus. ANALISIS PENGARUH PEURBAHAN SUKU BUNGA KREDIT PERBANKAN DAN INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK JAKARTA. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 215-226, nov. 2020. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/311>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles