PERANCANGAN RESERVASI PARIWISATA DAN KAMAR HOTEL BERBASIS WEB

  • Prasojo Herdy Sutanto Universitasa Bina Sarana Informatika
  • Nanang Lidwan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wawan Ridwan Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Hotel Koening adalah sebuah penginapan yang sedang berkembang di Indonesia. Hotel ini dalam transaksinya menggunakan pencatatan manual atau media kertas. Dalam pencatatan data utama adalah pengunjung sebagai tamu yang menyewa kamar Hotel atau yang berminat dengan paket wisata.


Cara kerja traditional yang diterapkan menyebabkan banyak terjadi kerugian, terutama waktu transaksi check-in dan check-out begitu lambat dan memiliki resiko kesalahan dalam pencatatannya. Transaksi pembayaran mengharuskan tamu datang ke Hotel secara langsung, kemudian dalam pengisian buku tamu dan pembuatan laporan juga mengalami keterlambatan dan sering terjadi data yang salah.


Untuk meningkatkan kinerja operasi diperlukan pengembangan sistem terkomputerisasi, Solusi pengembangan sistem adalah pembuatan program aplikasi reservasi ruang Hotel dan paket wisata berbasis web. Trobosan ini dipertimbangkan sebagai cara yang efektive dan efisien, disamping dapat menghemat waktu transaksi dan lebih cepat bagi pemilik untuk melihat hasil laporan yang terjadi dari internet.


Perancangan system menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan studi literatur. Aplikasi disusun dengan tahapan Analisa kebutuhan, merancang diagram alir data, penerapan UML modelling. Bahasa program PHP dan didukung MY-SQLI sebagai database. Pengujian menggunakan Alpha dan black BOX testing

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Prasojo Herdy Sutanto, Universitasa Bina Sarana Informatika

Program Studi  Sistem Informasi, Universitasa Bina Sarana Informatika

Nanang Lidwan, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi  Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

Wawan Ridwan, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi  Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

Published
2020-11-17
How to Cite
SUTANTO, Prasojo Herdy; LIDWAN, Nanang; RIDWAN, Wawan. PERANCANGAN RESERVASI PARIWISATA DAN KAMAR HOTEL BERBASIS WEB. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 4, n. 4, p. 39-48, nov. 2020. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/274>. Date accessed: 29 mar. 2024.