PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT ASTRA INTERNASIONAL Tbk. TAHUN 2009-2018)

  • Nel Hazrah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Saprudin Saprudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Tiur Nurlini Wenang Tobing Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhPerputaran Modal Kerja, Likuiditas dan Solvabilitas terhadapProfitabilitas (Studi Kasus Pada PT Astra Internasional Tbk yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018).Variabel independen dalam penelitian ini adalah perputaran modal kerja, likuiditas dan solvabilitas. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Populasi penelitian adalah PT Astra Internasional Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sejumlah 10 tahun.Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi dengan cara mengakses internet. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang terdiri dari empat komponen yaitu Multikolineritas, Heteroskedastisitas, Normalitas, Auto Korelasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian model uji F dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja, likuiditas dan solvabilitas secara simultan pada  profitabilitas

Published
2019-11-26
How to Cite
HAZRAH, Nel; SAPRUDIN, Saprudin; WENANG TOBING, Tiur Nurlini. PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT ASTRA INTERNASIONAL Tbk. TAHUN 2009-2018). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 79-88, nov. 2019. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/124>. Date accessed: 25 feb. 2020.
Section
Articles