ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE SCRUM BERBASIS FRAMEWORK LARAVEL DAN BOOTSTRAP
Abstract
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia Pendidikan adalah E-Learning yang merupakan sarana yang memiliki ruang interaksi tidak terbatas untuk pembelajaran menjadi praktis dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membangun sebuah sistem pembelajaran E-Learning yang menjadi tempat pendistribusian materi dan bahan belajar mahasiswa. Selain itu juga sebagai media pengumpulan tugas serta rekapitulasi nilai sehingga akan meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pembuatan E-Learning menggunakan metode scrum berbasis framework laravel dan bootstrap. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penyusun menarik beberapa kesimpulan bahwa Penelitian ini telah berhasil merancang dan mengimplementasikan sistem informasi elearning berbasis web dengan memfasilitasi kegiatan perkuliahan e-learning sebagai pendukung sistem pembelajaran konvensional.
Downloads
References
[2] S. Sandiwarno, “PERANCANGAN MODEL E-LEARNING BERBASIS COLLABORATIVE VIDEO CONFERENCE LEARNING GUNA MENDAPATKAN HASIL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN,” JURNAL ILMIAH FIFO, vol. VIII, no. 2, pp. 191–200, Nov. 2016.
[3] M. DirgaF, “APLIKASI E-LEARNING SISWA SMK BERBASIS WEB,” 2021. [Online]. Available: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog
[4] E. Susanti and M. Sholeh, “Rancang Bangun Aplikasi Elearning (Erma Susanti) 53 RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING.”
[5] D. Gede Padma Arta Putra, E. Muntina Dharma, K. Tri Werthi, S. Informasi, S. Primakara, and S. Informasi Akuntansi, “PEMBANGUNAN E-LEARNING SENI BUDAYA BALI BERBASIS WEB,” Jurnal TEKINKOM, vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.531.
[6] A. P. Lestari, N. Rismawati, and M. L. Nugraha, “Aplikasi Bimbingan Konseling Pada Mts N 2 Lampung Timur Menggunakan Metode Scrum Berbasis Java,” vol. 5, no. 2, pp. 202–221, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i2.535.
[7] I. Fakhruddin, N. Rismawati, and D. R. Sriyanti, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Paket Wisata Pulau Seribu Berbasis Java Dengan Metode Scrum (Studi Kasus PT. Abarter Global Indonesia),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, 2022.
[8] D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” TEKNOIF, vol. 7, no. 1, 2019.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.