ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE SCRUM BERBASIS FRAMEWORK LARAVEL DAN BOOTSTRAP

  • Dedy Trisanto Politeknik STMI Jakarta
  • Nofita Rismawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Millati Izzatillah Universitas Indraprasta PGRI
  • Muhamad Femy Mulya Universitas Tanri Abeng

Abstract

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia Pendidikan adalah E-Learning yang merupakan sarana yang memiliki ruang interaksi tidak terbatas untuk pembelajaran menjadi praktis dan efisien.  Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membangun sebuah sistem pembelajaran E-Learning yang menjadi tempat pendistribusian materi dan bahan belajar mahasiswa. Selain itu juga sebagai media pengumpulan tugas serta rekapitulasi nilai sehingga akan meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pembuatan E-Learning menggunakan metode scrum berbasis framework laravel dan bootstrap. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penyusun menarik beberapa kesimpulan bahwa Penelitian ini telah berhasil merancang dan mengimplementasikan sistem informasi elearning berbasis web dengan memfasilitasi kegiatan perkuliahan e-learning sebagai pendukung sistem pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. T. Sihotang, “PEMBUATAN APLIKASI E-LEARNING PADA SMK SWASTA PARIWISATA IMELDA MEDAN,” 2017.
[2] S. Sandiwarno, “PERANCANGAN MODEL E-LEARNING BERBASIS COLLABORATIVE VIDEO CONFERENCE LEARNING GUNA MENDAPATKAN HASIL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN,” JURNAL ILMIAH FIFO, vol. VIII, no. 2, pp. 191–200, Nov. 2016.
[3] M. DirgaF, “APLIKASI E-LEARNING SISWA SMK BERBASIS WEB,” 2021. [Online]. Available: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog
[4] E. Susanti and M. Sholeh, “Rancang Bangun Aplikasi Elearning (Erma Susanti) 53 RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING.”
[5] D. Gede Padma Arta Putra, E. Muntina Dharma, K. Tri Werthi, S. Informasi, S. Primakara, and S. Informasi Akuntansi, “PEMBANGUNAN E-LEARNING SENI BUDAYA BALI BERBASIS WEB,” Jurnal TEKINKOM, vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.531.
[6] A. P. Lestari, N. Rismawati, and M. L. Nugraha, “Aplikasi Bimbingan Konseling Pada Mts N 2 Lampung Timur Menggunakan Metode Scrum Berbasis Java,” vol. 5, no. 2, pp. 202–221, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i2.535.
[7] I. Fakhruddin, N. Rismawati, and D. R. Sriyanti, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Paket Wisata Pulau Seribu Berbasis Java Dengan Metode Scrum (Studi Kasus PT. Abarter Global Indonesia),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, 2022.
[8] D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” TEKNOIF, vol. 7, no. 1, 2019.
Published
2023-05-06
How to Cite
TRISANTO, Dedy et al. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE SCRUM BERBASIS FRAMEWORK LARAVEL DAN BOOTSTRAP. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 225-232, may 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1052>. Date accessed: 14 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1052.

Most read articles by the same author(s)