PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI, DAN LAYANAN TRANSAKSI M-TRANSFER TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

(Studi Kasus : M-Banking BCA)

  • Meutia Rizka Swandayani Universitas Gunadarma
  • Maukar Maukar Universitas Gunadarma

Abstract

Penelitian ini menganalisa pengaruh kualitas sistem, informasi dan layanan transaksi m-Transfer pada m-BCA terhadap kepuasaan pengguna. Data yang digunakan adalah dengan menyebar kuisioner secara acak kepada 250 nasabah BCA yang aktif menggunakan aplikasi m-BCA. Tolak ukur untuk menghitung indikator tiap-tiap variable menggunakan model DeLone dan McLean. Kemudian indicator tersebut dihitung menggunakan rumus Structural Equation Model (SEM) dimana perhitungan ini diimplementasikan dengan software SPSS AMOS 22. Uji yang dilakukan antara lain uji hubungan antara indikator dengan konstruknya, uji validitas dan realibilitas, uji model fit, uji kecocokan dan uji hipotesis Model. Pengujian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa kualias sistem, informasi dan layanan berpengaruh terhadap penggunaan transaksi m-Transfer BCA, hal ini dikarenakan setelah dialukukan uji hipotesis H1 dapat diterima. Dengan adanya kesimpulan yang didapat pada penelitian ini, diharapkan akan menambah daya saing dalam mendapatkan pengguna baru mobile banking BCA serta dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan review terhadap sistem yang sudah berjalan apakah sudah berjalan dengan maksimal dan tepat sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bernadeta dan Achmad, Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pt. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.), Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 10 No. 1, 2019
[2] Ghozali, Imam, 2014, “Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 22”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
[3] Haryono, Siswoyo, 2017, “Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS Lisrel PLS”. Cetakan I. Penerbit Luxima Metro Media, Jakarta.
[4] Ida Bagus dan Ni Gusti Putu, Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi, 683-713, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.22 No.1, Januari 2018
[5] Lailatus dan Leiliya, The Influence Of Service Quality And Price Perception On Reuse Interest In Grab Motor Consumers In Jombang, e-ISSN: 2775-0809, Vol 02 No. 04, 2021
[6] M. Asrar, Gita dan Wildan, Analisis Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Net Benefit Pada Sistem KRS-Online Universitas Muhammadiyah Malang, 197 – 206, KINETIK, Vol. 2 No. 3, 2017
[7] Santoso, Singgih, 2015, “AMOS 22 untuk Structural Equation Modelling”. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
[8] Trisnawati, Baridwan dan Hariadi, The Influence Of Information System Quality On The Organization Performance: A Modification Of Technology-Based Information System Acceptance And Success Model, RJOAS, 12(72), 2017
[9] Wafi dan Dr. Aulia, The Impact Of System Quality, Information Quality, Service Quality, Use, And User Satisfaction Of Sap Information System On Net Benefits, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8 No. 1, 2019
[10] Widarjono, Agus, 2015, “Analisis Multivariate Terapan Dengan Program SPSS, AMOS, dan SmartPLS”. Edisi II, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
[11] Wilda dan Vera, The influence of system quality, information quality, e-service quality and perceived value on Shopee consumer loyalty in Padang City, The International Technology Management Review, 10-15, Vol. 8(1), 2019
[12] William Delone dan Ephraim McLean, The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update, ebook URL : https://www.researchgate.net/publication/220591866, diakses pada : 10 November 2021
Published
2023-05-20
How to Cite
RIZKA SWANDAYANI, Meutia; MAUKAR, Maukar. PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI, DAN LAYANAN TRANSAKSI M-TRANSFER TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 452-464, may 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1046>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.1046.